Berikut 3 Langkah Hindari Efek Negatif Internet untuk Organisasi

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 17 Juni 2017 | 23:01 WIB
Internet/Ilustrasi
Internet/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dengan makin tingginya teknologi dan meluasnya penggunaan media sosial,  masalah radikalisme seringkali terjadi dewasa ini. 

Banyak konten-konten negatif di internet seperti pornografi, kekerasan, termasuk propaganda radikalisme, separatisme, komunisme, dll. Bagaimana menangkalnya?.

Direktur Eksekutif Komunikonten, Hariqo Wibawa Satria menyampaikan tiga tips bagi organisasi, pertama, adakan pelatihan pembuatan konten, seperti menulis, membuat video dengan ponsel, membuat poster, infografis, dll.

Kemudian sebarkan di kanal-kanal distribusi secara bergotong rotong oleh anggota organisasi. Kedua, bentuk tim media sosial, saya sarankan, jika perlu bentuk bidang baru yang menangani ini, atau lembaga khusus. Ketiga, adakan lomba pembuatan konten.

Hal ini disampaikan hariqo dalam diskusi di Aula Majelis Ulama Indonesia (MUI) Depok, pada Kamis, 16 Juni 2017, dengan tema; kontribusi kaum muda dalam mempromosikan Indonesia dan menangkal radikalisme.

“Radikalisme dan separatisme memang tantangan kita saat ini, namun minimnya konten yang diproduksi juga satu tantangan, mari produksi konten untuk melawan konten-konten tentang radikalisme, separatism, komunisme, dll”, jelas Hariqo Wibawa Satria seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis.com.

Hariqo menambahkan mayoritas generasi muda kita masih sebagai penyebar, komentator konten, sudah banyak yang menjadi pembuat konten, ini yang harus terus di dorong. Kanal distribusi bukan hanya facebook, dll, tapi media-media online sekarang sudah sangat terbuka bagi masyarakat pembuat konten.

Diskusi ini diadakan Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi), berlangsung mulai pukul 15.30 – 18.00 WIB. Hadir juga narasumber lainnya yaitu; Sidiq Mulyono (kadiskominfo kota Depok), Irwan Kelana (redaktur senior Koran Republika), Elvan Dani Sutrisno (wakil pemimpin redaksi Detik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper