Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan Dorong Pemda Bangun RPH Unggas

Kementerian Pertanian mendorong pemerintah daerah membangun membangun Rumah Pemotongan Hewan Unggas agar peternak dapat berdaya saing.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian mendorong pemerintah daerah membangun membangun Rumah Pemotongan Hewan Unggas agar peternak dapat berdaya saing.

Ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang saat ini terus mendorong tumbuhnya usaha pemotongan, penyimpanan dan pengolahan unggas. Sehingga hasil usaha peternak tidak lagi dijual sebagai ayam atau itik segar, melainkan dalam bentuk daging beku ataupun inovasi produk lainnya.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita mengapresiasi inisiasi Pemkab Pati membangun Rumah Pemotongan Hewan Unggas sebagai upaya memberdayakan peternak unggas di wilayahnya agar lebih berdaya saing. Ini sekaligus dapat mendukung upaya Pemkab Pati mengembangkan daerahnya menjadi pusat agribisnis peternakan itik.

"Saya sangat mengapresiasi pembangunan RPHU (Rumah Potong Hewan Unggas) yang diinisiasi oleh Pak Wakil Bupati Pati untuk dapat memberdayakan peternak unggas agar lebih berdaya saing," tuturnya dalam keterangan resmi, Jumat (2/6).

Diamirta menyampaikan pasar untuk komoditi unggas di Indonesia didominasi fresh commodity, sehingga produk mudah rusak. Kecepatan distribusi dan keseimbangan supply-demand menjadi faktor penting penentu harga, sehingga intervensi perlu dilakukan dari hulu hingga hilir.

Saat ini perusahaan yang memiliki Rumah Pemotongan Hewan Unggas telah melakukan penyimpanan dengan fasilitas cold storage hanya mampu menampung stock sebesar 15%-20% dari total produksi. Peternak mandiri maupun integrator saat ini sama-sama menjual ayam hidup, sehingga keduanya terjebak pada commodity trap (jebakan komoditi dimana harga tergantung pada supply demand). Akibatnya, ketika harga jatuh, peternak dengan modal kecil yang umumnya tidak memiliki cadangan dana akan mudah mengalami kebangkrutan.

Wakil Bupati Kabupaten Pati Saiful Arifin menyampaikan, Pati dirancang sebagai Sentra Peternakan Itik Nasional. Untuk itu, akan disiapkan 200 desa yang akan menjalankan peternakan itik. Masing-masing desa ada 10 peternak dan setiap peternak akan berbudidaya itik pedaging sebanyak 500-1000 ekor, yang nantinya akan memproduksi sekitar 1 juta ekor per periode atau 12 juta ekor per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper