Ada Kursi Pesawat & Kapal Gratis, Menhub Imbau Pemudik Jangan Gunakan Sepeda Motor

Menhub menyebut ada 180.000 seat untuk penumpang kereta api dan 48.000 kursi gratis untuk pengguna sepeda motor naik kapal laut.
Ada Kursi Pesawat & Kapal Gratis, Menhub Imbau Pemudik Jangan Gunakan Sepeda Motor Gloria Fransisca Katharina Lawi | 31 Mei 2017 10:28 WIB
Ada Kursi Pesawat & Kapal Gratis, Menhub Imbau Pemudik Jangan Gunakan Sepeda Motor
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan keynote speech dalam FGD Optimalisasi tol laut untuk stabilisasi harga barang strategis di redaksi harian Bisnis Indonesia, Rabu 931/5 - 2017).

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau agar para pemudik tidak menggunakan sepeda motor. "Bisa dibayangkan, mudik dengan motor lebih dari 5% itu mengalami kecelakaan," ujar Menhub di Wisma Bisnis Indonesia, Rabu (31/5).

Dia mengatakan ada kemungkinan mudik setiap tahun mengalami kenaikan 12%. Kenaikam mudik tertinggi berada di sektor udara yakni sekitar 9%. Menhub menyebut ada 180.000 seat untuk penumpang kereta api dan 48.000 kursi gratis untuk pengguna sepeda motor naik kapal laut.

"Ini tahun pertama kita menggunakan Pelni [PT Pelayaran Nasional Indonesia] untuk mudik menggunakan kapal laut. Kalau ini bisa dikerjakan, masalah mudik bisa selesai, kita operasikan 10-15 kapal, kuota untuk satu kapal bisa menampung sekitar 2.000 penumpang," terangnya.

Dia menambahkan bahwa pemerintah juga mengimbau para pemudik yang melalui jalur darat bisa menggunakan jalur utara Cikopo-Palimanan (Cipali) juga jalur selatan.

Jalur alternatif selain tol Cipali, kata Menhub Budi justru bisa mengefisiensikan waktu kurang dari 16 jam perjalanan. "Lalu apa saja inovasi IT yang dilakukan? Kita punya aplikasi Ayo Mudik, kerjasama dengan Kominfo, bisa diviralkan dan share banyak orang," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top