Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angkasa Pura II Berkomitmen Kembangkan Bandara Digital

PT Angkasa Pura (AP) II berkomitmen dalam mengembangkan bandara digital secara berkesinambungan dengan memperkenalkan konsep layanan berbasis digital di bandara-bandara yang dikelola korporasi kepada masyarakat umum.
Petugas kebersihan melakukan aktivitas di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten , Senin (24/4)./JIBI-Dedi Gunawan
Petugas kebersihan melakukan aktivitas di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten , Senin (24/4)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -  PT Angkasa Pura (AP) II berkomitmen dalam mengembangkan bandara digital secara berkesinambungan dengan memperkenalkan konsep layanan berbasis digital di bandara-bandara yang dikelola korporasi kepada masyarakat umum.

President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam rilis, Kamis, mengatakan Indonesia adalah salah satu negara dengan infrastruktur teknologi informasi yang cukup baik, dan hal itu harus dapat dimanfaatkan oleh pengelola bandara untuk dapat mengaplikasikan teknologi digital.

Menurut Muhammad Awaluddin, hal tersebut bermanfaat antara lain guna mendukung pelayanan dan menghadirkan nilai tambah di setiap bandara yang ada di negeri ini.

Secara umum, AP II kini tengah dalam proses mewujudkan visi "The Best Smart Connected Airport Operator in the Region" guna membuat setiap bandara yang dikelola korporasi dapat beroperasi lebih efisien, menghilangkan potensi kehilangan pendapatan, serta dapat menciptakan pendapatan dari lini baru.

Konsep tersebut, lanjutnya, dinilai juga dapat memastikan tingkat pelayanan tetap terjaga di seluruh fasilitas terminal yang bertujuan pada kepuasan bagi maskapai dan penumpang pesawat.

Di kesempatan yang sama sekaligus bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, AP II juga akan meluncurkan secara resmi aplikasi Indonesia Airports dengan semangat yang diusung yakni kebangkitan bandara-bandara di Indonesia melalui inovasi teknologi digital guna bersaing dengan bandara berkelas dunia lainnya.

Dalam melakukan transformasi digital, AP II mendasarkan atas tiga hal, yaitu pengalaman pelanggan, efektifitas dan efisiensi sistem operasi, dan model bisnis.

Sedangkan dalam realisasinya, AP II membangun aplikasi Indonesia Airports untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang baik, di mana fungsi dari aplikasi tersebut mempermudah dan membantu pelanggan di setiap perjalanan.

Terkait dengan upaya untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi sistem operasi, AP II juga membangun aplikasi Perform yang digunakan oleh seluruh karyawan AP2 sebagai basis pengoperasian bandara.

Dengan demikian diharapkan banyak bisnis proses yang menjadi lebih mudah dan cepat.

Selanjutnya dengan pemanfaatan teknologi digital, AP II berupaya menciptakan bisnis model baru yang nantinya akan menjadi portofolio bisnis korporasi, seperti ICT content, big data, dan bisnis baru lainnya.

"Di samping itu, Indonesia Airports juga hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat luas akan aplikasi di smartphone yang kini telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari," ucap Awaluddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper