XL Tambah 94 BTS di Kalbar, Perkuat 4G LTE

PT XL Axiata Tbk, menambah 94 base transceiver station (BTS) dengan membangun baru dan menyewa dari provider lain guna mendukung perluasan layanan 4G LTE di wilayah Kalimantan Barat.
Yanuarius Viodeogo | 19 Mei 2017 09:21 WIB
GM LTE Execution Assurance XL Axiata Ronhugo Verry Leonard Tambunan saat menjelaskan layanan 4G LTE di Pontianak, didampingi Regional Marketing Manager Luce Lolo dan GM Finance & Management Services Mozes Haryanto Baottong, Kamis (18/5/2017). Jibi - Yanuarius Viodeogo

Bisnis.com, PONTIANAK – PT XL Axiata Tbk, menambah 94 base transceiver station (BTS) dengan membangun baru dan menyewa dari provider lain guna mendukung perluasan layanan 4G LTE di wilayah Kalimantan Barat dengan biaya Rp1 triliun, hingga akhir 2017. Saat ini, XL sudah memiliki 36 unit BTS di provinsi ini.

GM Finance and Management Servicer XL Axiata North Region Mozes Haryanto Baottong mengatakan, korporasi gencar membangun infrastruktur tersebut di kabupaten-kabupaten yang memiliki trafik penggunaan data sangat tinggi seperti Sambas, Singkawang, Mempawah, Pontianak, Kubu Raya, dan Ketapang.

“Kami tidak hanya menambah di sejumlah titik tetapi juga meningkatkan transmisi dari 2 Gbps (giga bit per seconds). Sampai akhir tahun rencana kami menargetkan 400 BTS,” kata Mozes kepada Bisnis di Pontianak, Kamis (18/5/2017).

Dia mengatakan, alasan pembangunan BTS tersebut selain melihat adanya penambahan pengguna data juga merespons keinginan masyarakat Kalbar agar XL meningkatkan layanan dari 3G menjadi 4G LTE untuk mendukung aktivitas bisnis, perdagangan, dan penggunaan media sosial.

Kendati demikian, untuk membangun BTS di Kalbar ada hambatan yakni sistem jaringan listrik yang tidak stabil atau sering terjadi pemadaman listrik yang membuat percepatan pembangunan jaringan LTE terhambat.

GM LTE Execution Assurance XL Axiata Ronhugo Verry Leonard Tambunan mengutarakan, ada sebanyak 250.000 pengguna 3G dari Kalbar tersebar di 6 kabupaten tersebut yang merupakan titik-titik keberadaan BTS XL layanan 3G.

“Rata-rata mereka menggunakan data untuk menyaksikan youtube sehingga kita ingin membantu mereka mendapatkan layanan data yang lebih cepat dengan menggunakan 4G. Apalagi khusus di Pontianak, pemerintah setempat mendorong penggunaan e-government dan mengajak anak-anak muda berkreatifitas memanfaatkan internet menciptakan wirausaha di bidang e-commerce,” ucapnya.

Khusus di Kota Pontianak, tuturnya, area publik yang terjangkau 4G LTE XL adalah pusat pemerintahan Kota Pontianak, Universitas Tanjungpura, Mega Mall A. Yani, HP Center Khatulistiwa Plaza, Pelabuhan Dwikora Pontianak, Alun-alun Khatulistiwa, Bandar Udara Supadio Pontianak dan Jl. Gajah Mada.

Untuk mendukung penetrasi dan melayani kebutuhan jaringan 4G, menurutnya, XL menyediakan paket Xtra Combo Lite kepada pelanggan dengan beragam pilihan seperti 11 Gb + 15 menit menelpon ke semua operator dibanderol harga Rp55.000, 21 Gb+15 menit berbicara ke semua operator senilai Rp85.000 dan 31 Gb+15 menit ke semua operator Rp105.000.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top