Prosesor Intel Xeon Processor Scalable Cocok Bagi Server Multi Cloud

Intel memperkenalkan rangkaian prosesor terbaru Intel Xeon Processor Scalable, prosesor untuk workstation dan server yang dapat memberikan akselerasi beban kerja yang optimal namun dengan solusi deployment yang simpel dan terukur, khususnya untuk server yang menjalankan multi-cloud.
Agne Yasa | 07 Mei 2017 23:36 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Intel memperkenalkan rangkaian prosesor terbaru Intel® Xeon® Processor Scalable, prosesor untuk workstation dan server yang dapat memberikan akselerasi beban kerja yang optimal namun dengan solusi deployment yang simpel dan terukur, khususnya untuk server yang menjalankan multi-cloud.

Lisa Spelman, Vice President & General Manager dari Intel Xeon products & Data Center Marketing, Intel Corporation, mengatakan munculnya layanan digital baru di dunia multi-cloud yang berkembang saat ini mendorong kebutuhan akan infrastruktur terukur, aman dan tangguh yang memungkinkan mempercepat pertumbuhan bisnis dan tetap kompetitif.

"Seiring kemampuan dan kapasitas data center yang semakin maju, memungkinkan untuk melakukan hal-hal yang luar biasa dan data driven membuka pengalaman yang luar biasa untuk bisnis, konsumen dan masyarakat luas," ujar Lisa dalam keterangan resminya terkait Prosesor Intel® Xeon® Processor Scalable kepada Bisnis, Minggu (7/5/2017).

Spelman memberikan contoh seperti menggunakan kecerdasan buatan untuk melakukan perawatan kesehatan yang tepat dan rekomendasi untuk kondisi masing-masing pasien. Kemudian, memungkinkan penyedia konten untuk membuat personalisasi rekomendasi konsumen, lalu streaming konten ke pemirsa secara real time. Menurutnya, wawasan dan pengalaman berbasis data ini membuka nilai yang luar biasa bagi bisnis, konsumen dan masyarakat luas.

"Untuk itulah Intel menghadirkan generasi terbaru Intel® Xeon® Processor Scalable yang merepresentasikan kemajuan terbesar platform data center pada 10 tahun terakhir. Intel® Xeon® Processor Scalable memberikan fondasi bagi infrastruktur cloud generasi berikutnya untuk menjalankan aplikasi seluas-luasnya seperti analisis data, artificial intelligence, autonomous driving, high performace computing, dan transformasi jaringan, dengan performa, keamanan dan ketangguhan terbaru," ujarnya.

Dia mengatakan saat ini manusia berada dalam masa perubahan yang luar biasa. Pengalaman digital telah merasuki setiap aspek kehidupan dan oerusahaan semakin berhasil atau gagal berdasarkan kemampuan mereka untuk menggunakan teknologi untuk bersaing memeroleh keuntungan di pasar.

"Kekuatan pendorong transformasi ini adalah ledakan data yang dipicu oleh pertumbuhan jumlah perangkat akhir dan stream data yang lebih kaya. Meski transparan bagi kebanyakan orang, pusat data dan jaringan yang memberdayakan kita untuk mengubah data menjadi informasi berharga sangat penting untuk memungkinkan pengalaman digital baru dan mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang dunia di sekitar kita," paparnya.

Spelman mengatakan di Intel, pihaknya mengambil peran sebagai penyedia dasar komputasi data center secara serius. Itulah mengapa pada musim panas ini, Intel akan mengungkap keluarga prosesor Intel® Xeon® generasi berikutnya yang diberi kode nama "Skylake").

"Untuk mencerminkan besarnya Inovasi yang kami bawa ke pasar dengan platform ini, kami mengganti namanya, Intel® Xeon® Processor Scalable," ujarnya.

Keluarga Intel Xeon Processor Scalable yang baru mewakili lompatan dalam arsitektur prosesor dan kemajuan platform, mengantarkan kinerja yang dioptimalkan dengan beban kerja untuk menghitung, jaringan dan penyimpanan.

"Rangkaian Intel Xeon Processor Scalable dikelompokkan kembali dari awal ke atas dan akan menjadi penerus prosesor Intel Xeon E5 dan E7. Ini akan menggabungkan fitur unik untuk menghitung, jaringan dan beban kerja penyimpanan, dan peningkatan kinerja yang mengesankan hingga skalabilitas 3,9x lebih tinggi untuk beban kerja virtual," katanya.

Jika dibandingkan dengan sistem 4 tahun yang banyak digunakan di pasar saat ini, memungkinkan pelanggan untuk berlari lebih banyak dan ragam beban kerja yang lebih beragam pada setiap sistem.

Rangkaian Scalable akan menampilkan akselerator kinerja terintegrasi seperti Intel® Advanced Vector Extensions 512 (Intel® AVX-512) dan Intel® QuickAssist Technology (Intel® QAT), serta Intel® Volume Management Device (Intel® VMD), kemampuan platform baru yang dirancang untuk memberikan manajemen yang mulus berbasis PCIe (NVMe) seperti Intel® Optane ™ SSD DC P4800X yang baru diluncurkan Drive Intel® SSD DC P4600.

Rangkaian Intel Xeon Processor Scalable akan menawarkan empat tingkat kinerja dan kemampuan, dengan kekayaan Pilihan konfigurasi yang berkaitan dengan integrasi dan akselerator yang dibutuhkan pelanggan dan model yang baru berjenjang berdasarkan logam (perunggu, perak, emas dan platina) untuk membuat pilihan sederhana dan efisien untuk dipilih.

"Platform baru ini juga dibangun di atas kerja lengkap yang telah kami lakukan dengan ekosistem di masa dekade lalu untuk memastikan pilihan solusi yang optimal dan mudah diterapkan di pasar. Kami sedang bekerja dekat dengan ekosistem Builder kami untuk menciptakan berbagai solusi yang diupayakan beban kerja yang akan terisi penuh keuntungan dari kemampuan dan performa baru keluarga Intel Xeon Processor Scalable," jelasnya.

Dia mengatakan Intel percaya rangkaian Intel Xeon Processor Scalable - yang sudah digunakan oleh berbagai macam penyedia cloud dan perusahaan terkemuka di seluruh dunia, akan menjadi katalis bagi organisasi untuk modernisasi pusat data mereka.

"Ini menawarkan fleksibilitas dan pilihan yang jauh lebih besar bagaimana teknologi pusat data diadopsi dan dikerahkan, dan mengurangi kompleksitas dan pengujian dan validasi di atasnya," ujarnya.

Tag : intel, server
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top