Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PHRI Sasar Wisman Baru ke Indonesia

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menggelar seminar How to Make Your Hotel A Success bekerja sama dengan Sahid Hotels & Resorts di Grand Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (4/5/17)
Hariyadi Sukamdani./.
Hariyadi Sukamdani./.

Bisnis.com, JAKARTA — Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menggelar seminar “How to Make Your Hotel A Success” bekerja sama dengan Sahid Hotels & Resorts di Grand Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (4/5/17).

Dalam seminar itu, PHRI menghadirkan sejumlah narasumber antara lain Ketua Umum PHRI Hariyadi B Sukamdani, Anggota Komisi X DPR Wiryanti Sukamdani, Mantan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2011—2014 Sapta Nirwandar, dan Hospitality Expert for Hotel Development, Marketing& Management Gerard Guillouet.

Ketua umum PHRI Hariyadi B Sukamdani dalam sambutannya mengatakan kondisi perhotelan Indonesai saat ini berada dalam kondisi challenging.

“Kami [PHRI] memang saat ini mencoba mencari jalan keluar di tengah situasi saat ini,” ujar Hariyadi dalam sambutannya.

Dia mengatakan terdapat beberapa tantangan yang dihadapi oleh pemilik hotel berbintang maupun non bintang. Oleh karena itu, saat ini hal tersebut menjadi tantangan bersama anggota PHRI.

“Program besar kami yakni visit wonderful Indonesia 2018. Target kami ingin menarik wisatawan mancanegar sebanyak-banyaknya khususnya mereka yang baru pertama datang ke Indonesia,” jelas Hariyadi.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR Wiryanti Sukamdani menegaskan hotel merupakan kontributor pajak terbesar dari sektor pariwisata. Dia menyebut investasi modal asing yang masuk untuk sektor pariwisata mencapai Rp396,6 triliun.

Jumlah itu, sambung Wiryanti, meningkat dibandingkan realisasi investasi asing tahun sebelumnya sebesar Rp365,9 triliun. Di sisi lain, penyertaan modal dalam negeri mengalami peningkatan dari Rp179,5 triliun pada 2015 menjadi Rp216,2 triliun pada 2016.

Dalam kesempatan yang sama, Hospitality Expert for Hotel Development, Marketing& Management Gerard Guillouet mengingatkan pentingnya pengelolaan manajemen termasuk fasiltas dan sumber daya manajemen. Beberapa topik yang dibahas antara lain tentang kiat dalam memilih sumber daya manusia dan hal-hal mendasar dalam pelayanan hotel.

“Jangan pernah berhemat soal investasi tempat tidur, peralatan mandi, pendingin ruangan, dan jaringan internet untuk urusan pelayanan tamu hotel,” jelas Gerard.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper