Bulog Sulselbar Salip Serapan Beras Jabar & Jateng

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengapresiasi Bulog Divre Sulselbar mampu menyalip perolehan serapan beras di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sementara itu, serapan gabah tertinggi masih diduduki wilayah Jawa Timur
Azizah Nur Alfi | 28 Maret 2017 06:54 WIB
Beras Bulog. - .Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengapresiasi Bulog Divre Sulselbar mampu menyalip perolehan serapan beras di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sementara itu, serapan gabah tertinggi masih diduduki wilayah Jawa Timur.

Realisasi serapan setara beras oleh Bulog pada Januari - 24 Maret 2017 menunjukkan Jatim tertinggi dengan serapan 129.693 ton, disusul Sulselbar 76.456 ton, Jateng 72.878 ton, dan Jabar 61.256 ton. Sementara wilayah lainnya masih di bawah 5.000 ton.

Karena keberhasilan ini, Amran menjanjikan hadiah berupa liburan ke Bali selama dua hari yakni pada Sabtu dan Minggu. Jatah liburan ke Bali ini diberikan kepada 50 orang dengan menggunakan anggaran Kementan.

"Yang berhak siapa tolong dievaluasi. Jatah 50 orang. Hari Sabtu Minggu di Bali ditanggung oleh Kementerian Pertanian," tuturnya saat memberi arahan dalam kegiatan akselerasi serap gabah petani oleh mitra Bulog.

Amran menargetkan melalui akselerasi serap gabah petani ini, maka Indonesia tidak akan impor beras pada 2019. Dia menyampaikan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) dan beberapa negara seperti Thailand dan Vietnam, mengapresiasi langkah Indonesia tidak lagi mengimpor beras.

"Serapan gabah kita 2.000 ton per hari. Kalau kita mau, itu tidak sulit," imbuhnya.

Tag : beras bulog
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top