Opera Rancang Fitur Unduh Cepat Android

Mesin pencarian global Opera tengah mempersiapkan sejumlah fitur terbaru khusus untuk pengguna smartphone Operating System (OS) Android agar pengguna dapat mengunduh cepat.
Sholahuddin Al Ayyubi | 26 Maret 2017 21:14 WIB
Ilustrasi - opera.com

Bisnis.com, JAKARTA--Mesin pencarian global Opera tengah mempersiapkan sejumlah fitur terbaru khusus untuk pengguna smartphone Operating System (OS) Android agar pengguna dapat mengunduh cepat.

Nuno Sitima, Executive Vice President (VP) Mobile Business Unit Opera Software mengemukakan fitur teranyarnya tersebut dinilai bermanfaat bagi para penjelajah dunia maya di Indonesia.

Menurutnya, melalui fitur unduh cepat, pengakses Opera dapat mengunduh lebih banyak dan mendapatkan konten lebih cepat.

"Fitur baru ini dirancang khusus untuk pengguna smartphone di Indonesia dan akan meningkatkan standar dengan keunikannya dalam distribusi konten, keterlibatan dan aksesibilitas," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (26/3/2017).

Dia menjelaskan fitur tersebut dinilai dapat menjadi solusi bagi pengguna Internet di Indonesia yang seringkali lambat dalam mengunduh file video atau musik.

Selain itu, Opera juga mengklaim unduh cepat dapat mencegah pengguna mengklik pop-up iklan yang seringkali muncul pada saat memulai proses pengunduhan.

"Dengan kondisi koneksi Internet yang lamban, mengunduh merupakan cara yang paling banyak dipilih para pengguna smartphone di Indonesia untuk menikmati video dan musik online," katanya.

Selain itu, beberapa fitur lain yang rencananya akan disiapkan Opera sepanjang tahun ini di antaranya adalah kompresi halaman web, video boost, dan menu bar notifikasi Facebook di Android yang dapat memudahkan pengguna dalam mengakses Internet melalui Opera.

"Mobile browser akan menjadi pintu gerbang bagi para pengguna internet di Indonesia dan akhir-akhir ini hampir semua pengguna menikmati konten internet pada layar kecil sambil beraktivitas," ujarnya.

Seperti diketahui, fitur kompresi untuk halaman web dapat digunakan oleh pengguna agar dapat menyimpan halaman web dan dapat diakses secara offline.

Kemudian, video boost adalah teknologi kompresi yang mengurangi hingga 50% dari konsumsi data saat menonton video. Pengguna bisa mendapatkan semua video yang diinginkan dengan penggunaan data yang sedikit dan memuat video lebih cepat.

Sementara itu, menu lengkap bar notifikasi Facebook di Android dapat memberikan pengguna akses tercepat ke notifikasi Facebook tanpa harus membuka aplikasi lain.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
android, mesin pencarian, browser

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top