Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendag Belum Bahas Produk Potensial Lewat Jalur Bitung-Davao

Kementerian Perdagangan mengaku belum membahas lebih lanjut produk maupun komoditas yang akan melalui jalur Bitung, Sulawesi Utara Davao, Filipina.

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perdagangan mengaku belum membahas lebih lanjut produk maupun komoditas yang akan melalui jalur Bitung, Sulawesi Utara — Davao, Filipina.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengungkapkan pihaknya belum dapat memberikan lebih lanjut terkait detail produk apa saja yang nantinya akan melewati jalur tersebut.

“Kami [Kemendag] belum membahas produk-produk apa saja yang akan didorong melalui jalur tersebut,” kata Oke saat dikonfirmasi Bisnis.com, Kamis (16/3).

Ketua Komisi Tetap Asia Pasific Kadin Bernardino Moningka Vega meyakini jalur tersebut akan meningkatkan ekspor secara signifikan. Sayangnya, saat ini masih terdapat sejumlah kendala teknis maupun regulasi. 

“Harga produk maupun komoditas asal Indonesia akan lebih bersaing mengingat dapat memotong rute pengiriman yang biasanya lebih memutar karena harus melalui Manila,” jelas Bernardino.

Dia meminta kepada pemerintah untuk segera memastikan masalah terkait hambatan perdagangan. Hal itu untuk mencegah kegagalan pemanfaatan rute seperti yang terjadi pada 1998 dan 2004.

Jalur kapal roll on-roll off (Ro-ro) Bitung-General Santos-Davao rencananya akan diresmikan pada akhir April 2017 oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Duterte. Sejumlah pihak mengaku optimis rencana pembukaan trayek kapal tersebut dan diharapkan mampu meningkatkan perdagangan antara Indonesia dengan negara Asean lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper