Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tambah Armada, Sriwijaya Air Perluas Penerbangan Domestik

Maskapai penerbangan Sriwijaya Air Group tahun ini akan mendatangkan sejumlah armada pesawat dan membuka rute baru untuk memperluas pasar domestik seiring dengan target peningkatan jumlah penumpang mencapai lebih dari 12 juta orang.

Bisnis.com, SURABAYA – Maskapai penerbangan Sriwijaya Air Group tahun ini akan mendatangkan sejumlah armada pesawat dan membuka rute baru untuk memperluas pasar domestik seiring dengan target peningkatan jumlah penumpang mencapai lebih dari 12 juta orang.

Senior Corporate Communication Manager Sriwijaya Air Group, Agus Soedjono mengatakan tahun ini banyak potensi rute-rute baru dalam penerbangan domestik sejalan dengan upaya peningkatan destinasi pariwisata daerah.

“Pemerintah telah berbenah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di obyek wisata daerah, maka penyedia transportasi juga harus ikut berbenah dan menyiapkan rute-rute tujuan wisata daerah,” katanya saat Konferensi Pers, Kamis (16/3/2017).

Dalam tahun ini, sedikitnya Sriwijaya Air telah meluncurkan tiga rute baru yang sebelumnya adalah direct flight Surabaya-Jayapura, dan pada 22 Maret 2017 akan siap melayani rute baru Surabaya-Lampung PP, serta Lampung-Yogyakarta PP.

“Penerbangan ke daerah-daerah ini mendapat animo dari masyarakat. Kalau dulu kami punya rute Jakarta-Lampung sebanyak 6 kali, sekarang frekuensinya ditambah menjadi 7 kali,” imbuhnya.

Adapun direncanakan pesawat yang akan didatangkan tahun ini untuk meningkatkan kinerja Sriwijaya Air di antaranya adalah 12 unit pesawat Boeing 737-800 NG, 6 unit pesawat ATR yang akan melayani penerbangan pendek di daerah-daerah, serta 2 unit pesawat wide body atau berbadan besar untuk melayani penerbangan ke Jeddah.

Hingga saat ini Sriwijaya Air Group sudah mengoperasikan 52 pesawat, dan hingga akhir tahun ini Sriwijaya Air akan memiliki 55 rute penerbangan domestik dan regional. Pada tahun lalu, Sriwijaya Air mencatatkan jumlah penumpang mencapai 11,5 juta orang.

“Jadi retata pertumbuhan penumpang kami sekitar 10% per tahun,” imbuh Agus.

Dia menambahkan, untuk dua rute baru Surabaya-Lampung dan Lampung-Yogyakarta ini ditargetkan bisa memiliki daya tampung penumpang atau loadfactor mencapai 80% sama seperti target penerbangan Surabaya-Jayapura waktu lalu.

“Bahkan pada penerbangan perdana Surabaya-Jayapura kami loadfactornya tembuh 93%,” imbuhnya.

Rencananya, rute penerbangan Surabaya-Lampung nanti akan dilayani satu kali setiap hari dengan menggunakan pesawat Boeing 737-300 pada pukul 09.30 dari Lampung, dan dari Surabaya pada 11.50.

Sedangkan rute penerbangan Lampung-Yogyakarta akan dilayani satu kali setiap hari dengan pesawat yang sama berkapasitas 148 kursi, pada pukul 15.20 dari Lampung dan pada 16.55 dari Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper