Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Jembatan Layang Dibangun di Jateng Untuk Kelancaran Arus Mudik Lebaran

Mengantisipasi kemacetan saat mudik Lebaran tahun ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun empat jembatan layang di Jawa Tengah yaitu, jembatan layang Dermoleng dan Kretek di Brebes serta jembatan layang Klonengan dan Kesambi di Tegal.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Mengantisipasi kemacetan saat mudik Lebaran tahun ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun empat jembatan layang di Jawa Tengah yaitu, jembatan layang Dermoleng dan Kretek di Brebes serta jembatan layang Klonengan dan Kesambi di Tegal.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto mengaku optimis pembangunan empat jembatan layang di Jawa Tengah berjalan sesuai jadwal dan dapat fdigunakan pada arus mudik Lebaran tahun ini. Keyakinannya tersebut didasarkan pada pengendalian hambatan yang dianggap krusial seperti pengadaan lahan, pemindahan utilitas listrik PLN dan palang pintu perlintasan kereta api telah berhasil diatasi.

“Ada dua tempat yang memang alami keterlambatan dari jadwal perencanaan, namun saya yakin masih bisa mengejarnya,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (16/03).

Lebih lanjut Arie mengatakan khusus untuk jembatan layang Dermoleng akan bisa rampung 100 persen pada saat mudik nanti. Namun Arie juga menyampaikan kondisi lebih rumit ada pada konstruksi jembatan layang Klonengan. Meskipun yakin akan fungsional, Arie menyatakan ada beberapa hal yang perlu segera ditangani.

“Satu hal yang menganjal adalah sewa menyewa lahan kereta api, namun Senin besok saya akan bertemu dengan Dirjen Kereta Api dan Dirut PT KAI untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kalaupun kami harus menyewa tidak masalah, tetapi mungkin seharusnya tidak menyewa ya karena kan untuk kepentingan masyarakat,” sambungnya.

Terkait keberadaan saluran air di sisi kanan dan kiri jalan yang menjadi lokasi pembangunan, pihaknya akan melakukan penanganan agar tidak menyebabkan genangan atau rembesan ke spot pekerjaan. Manajemen pengaturan lalu lintas dilakukan dan memperhatikan aspek keselamatan kerja bagi para pekerja maupun masyarakat sekitar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono mengatakan, seluruh jembatan layang tersebut dibangun dengan teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP) seperti yang diterapkan pada jembatan layang Antapani di Bandung, Jawa Barat. Dengan teknologi tersebut, masa konstruksi jembatan layang berhasil diefisiensikan menjadi hanya sekitar enam bulan serta mampu menghemat biaya pembangunan hingga 70 persen dibandingkan teknologi konstruksi jembatan layang konvensional.

"Akan dibangun bertahap. Intinya semua perlintasan sebidang antara jalan kereta api dengan jalan nasional yang ada di kota akan diselesaikan dengan teknologi ini," ujarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper