Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GPU Gapura Angkasa Terbakar, Ini Penjelasan Garuda Indonesia

Malam tadi, kebakaran dilaporkan terjadi di Ground Power Unit (GPU) milik PT Gapura Angkasa d parking stand G.39 Apron T3 BSH (GIA.A.33/PK-GPR)
Pesawat Garuda Indonesia/JIBI-Abdullah Azzam
Pesawat Garuda Indonesia/JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA-Malam tadi, kebakaran dilaporkan terjadi di Ground Power Unit (GPU) milik PT Gapura Angkasa di parking stand G.39 Apron T3 BSH (GIA.A.33/PK-GPR) Bandara Soekarno Hatta

Kejadian kebakaran itu disebutkan terjadi dekat pesawat garuda Indonesia lokasi gate 17.

Menanggapi hal tersebut, VP Corporate Garuda Garuda Indonesia Benny S Butarbutar menyampaikan penjelasannya melalui siaran resminya pagi ini yang diterima Bisnis.com

GPU Penjelasan GA terhadap kasus kebakaran Genset dekat pesawat GA

1. Peristiwa terbakarnya genset di T3 di area parkir pesawat Garuda Indonesia jenis A330-300 yang terjadi pada pukul 23.27  WIB, saat petugas teknik perawatan pesawat hendak melakukan pengisian tenaga listrik dari GPU (Ground Power Unit)  di darat ke unit power listrik di pesawat GA yang malam itu sedang yang sedang parkir. Adapun unit GPU tersebut merupakan milik PT. Gapura Angkasa.
 
2. Kejadian tersebut terjadi pada saat  teknisi  hendak memulai proses pengisian tenaga listrik.  Saat itulah muncul kepulan asap dari mesin GPU yang dengan cepat diiringi percikan api. Selanjutnya teknisi yang bertugas bersama –sama dengan petugas avsec dengan segera mengambil alat pemadam kebakaran dan dengan cepat memadamkan api guna mencegah kebakaran menjadi semakin membesar. 
 
3. Sesuai standar safety, petugas juga memanggil unit mobil pemadam kebakaran untuk mencegah meluasnya kejadian tersebut.
 
4. Hanya dalam tempo kurang dari sepuluh menit,  tepatnya pada pukul 23.38, seluruh percikan api berhasil dipadamkan secara permanen.
 
5. Sesuai dengan prosedur safety yang berlaku, pesawat yang terkena kepulan asap segera ditarik ke hanggar GMF,  untuk dilakukan proses pengecekan pesawat menyeluruh baik di badan pesawat hingga mesin pesawat. Sedangkan badan pesawat setelahnya langsung menjalani proses washing di hanggar GMF.
 
6. Pesawat yang sedang mengalami perawatan tersebut segera di ganti dengan pesawat cadangan dengan jenis yang sama guna memastikan kelancaran operasional penerbangan tetap berjalan lancar. Adapun pesawat pengganti melayani penerbangan rute jakarta – Singapura dan sudah berangkat dengan on time Rabu, pukul 06.10 WIB tadi pagi.
 
7. Terkait dengan kejadian tersebut, Garuda Indonesia akan menghentikan penggunaan GPU sejenis sampai dengan proses investigasi selesai dilaksanakan sebagai langkah corrective action yang dilaksanaan perusahaan.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper