Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Indonesia Kargo dan Bhanda Ghara Reksa Perluas Layanan Integrasi Logistik

Garuda Indonesia bersama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) melaksanakan kerja sama strategis, berupa sinergi antar BUMN terkait pengelolaan layanan intergrasi logistik ke lebih dari 600 jaringan warehouse kargo di Indonesia.
Kargo/dokumentasi
Kargo/dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA-Garuda Indonesia bersama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) melaksanakan kerja sama strategis, berupa sinergi antar BUMN terkait pengelolaan layanan intergrasi logistik ke lebih dari 600 jaringan warehouse kargo di Indonesia.

Kerjasama tersebut juga meliputi layanan jasa distribusi dan logistik, baggage as cargo, pengembangan jaringan, branding dan keagenan kargo udara.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara kedua BUMN, yang dilaksanakan oleh Direktur Kargo Garuda Indonesia Sigit Muhartono dan Direktur Operasional dan Pengembangan BGR, Nofrisel, disaksikan Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo dan Direktur Utama BGR, R. Ruli Adi,  di kantor cabang Jakarta Bhanda Ghara Reksa, Jakarta Utara, Kamis (23/2)

Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo, dalam sambutannya mengatakan bahwa kerja sama strategis dengan Bhanda Ghara Reksa ini merupakan salah satu upaya Garuda Indonesia untuk terus memperkuat bisnis kargo udaranya.

"Sejalan dengan market outlook industri logistik dan kargo yang diperkirakan terus tumbuh hingga 15,4 persen selama tahun 2015-2020 dan didukung oleh potensi market serta kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, tuntutan terhadap mobilitas barang yang cepat dan dapat diandalkan menjadi tantangan tersendiri pada pelaku industri logistik nasional untuk terus berinovasi dan berkolaborasi," katanya dalam siaran persnya

Arif mengatakan, data International Air Transport Association (IATA) sampai dengan akhir 2016, sektor cargo udara internasional menunjukkan tren yang positif. Menghadapi situasi bisnis penerbangan yang kian kompetitif, Garuda Indonesia terus melakukan upaya-upaya strategis untuk memperkuat daya saing dan meningkatkan business activity untuk kargo udaranya. Kerja sama dengan BGR ini tentu akan memberikan berbagai benefit bagi bisnis kargo Garuda, maupun para pelanggan kargonya” kata Arif.

Sementara itu, Direktur Utama BGR, R. Ruli Adi, menyampaikan bahwa setelah penandatanganan nota kesepahaman tersebut, agar segera direalisasikan implementasinya sehingga kedua belah pihak dapat saling menguntungkan. Dirut BGR berharap melalui kerjasama tersebut dapat menghasilkan produk jasa baru dibidang logistik.

“BGR dan Garuda Indonesia memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan bersama. Seperti layanan pergudangan yang dikelola BGR, pemaksimalan proses distribusi menggunakan layanan penerbangan Garuda Cargo, hingga pembuatan produk distribusi yang terintegrasi dengan pergudangan, air freight, dan transportasi,” jelas Ruli.

Melalui kerja sama ini, Garuda Indonesia dan Bhanda Ghara Reksa sepakat untuk mengoptimalkan potensi masing-masing badan usaha untuk pengembangan bisnis kedua belah pihak, seperti misalnya joint promotion dan jaringan distribusi dan sales, pemanfaatan warehouse yang dikelola BGR oleh Garuda Indonesia, pengiriman produk supply chain BGR (elektornik dan pharmaceutical) dengan layanan Garuda Indonesia Cargo, dan peningkatan revenue melalui sinergi layanan kargo dan produk seperti ‘baggage as cargo to door’.

“Garuda Indonesia dengan jaringannya di wilayah Indonesia maupun internasional, didukung dengan layanan door-to-door dan network Bhanda Ghara Reksa yang memiliki 24 cabang dengan jaringan bisnis kurir ‘BGR Express’ di lebih dari 330 titik di seluruh Indonesia, menjadikan kerja sama ini sebagai strategi yang handal dalam memperkuat bisnis kedua badan usaha, dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan,” tutup Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper