Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Bank BUMN Jadi Pemegang Saham Holding BUMDes

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengatakan empat bank BUMN akan menjadi holding Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengatakan empat bank BUMN akan menjadi holding Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Keempat bank plat merah itu ialah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), dan Bank Mandiri.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Sandjojo mengatakan keempat bank tersebut akan menjadi mitra BUMDes.

“Kami akan bentuk holding yang namanya mitra BUMDes. Keuntungan akan dibagi yakni 51% ke mitra BUMDes, dan 49% ke BUMDes. Kenapa mitra BUMDes lebih besar, karena negara harus kontrol,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (3/2/2017).

Eko melanjutkan untuk BUMDes yang telah mampu mandiri dan maju diwajibkan membuat koperasi.

Hal ini bertujuan agar BUMDes tidak hanya bermanfaat untuk membangun desa, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakatnya selaku anggota koperasi.

BUMDes dan Koperasi adalah dua hal berbeda yang harus dipahami dengan baik oleh aparat desa.

“Kalau BUMDes keuntungannya untuk kepentingan desa seperti membangun jalan, sekolah, kegiatan sosial, dan lain-lain. Kalau koperasi keuntungannya untuk anggota. Karena anggota koperasi pasti akan marah kalau keuntungannya digunakan untuk membangun sekolah dan jalan. Tapi koperasi dan BUMDes bisa bersinergi. Kami sudah ada MoU dengan Menteri Koperasi dan UKM bahwa pasca BUMDes harus ada koperasi,”  tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper