Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA CABAI MELAMBUNG: KPPU Medan Telusuri Rantai Distribusi

Pada awal 2017, Sumatra Utara masih dibayangi kenaikan harga sejumlah komoditas pangan
Harga cabai merah melambung./.Bisnis
Harga cabai merah melambung./.Bisnis

Bisnis.com, MEDAN-- Pada awal 2017, Sumatra Utara masih dibayangi kenaikan harga sejumlah komoditas pangan.

Pasca harga cabai merah dan cabai rawit menurun, harga daging ayam ras dan daging sapi tercatat masih melambung.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Perwakilan Medan pun berencana kembali menelusuri rantai distribusi kedua harga komoditas tersebut.

Kepala KPPU Medan Abdul Hakim Pasaribu menuturkan, pihaknya memantau laju kenaikan harga bahan-bahan pangan sejak awal Januari 2017. Adapun, pada hari ini, KPPU Medan melanjutkan pemantauan tersebut di Pasar Petisah.

"Kami melihat harga cabai merah sudah mulai turun dari Rp80.000 per kg pada akhir tahun lalu menjadi Rp40.000 per kg. Nah, yang naik justru harga daging ayam. Harga daging sapi juga masih bertahan tinggi. Kami hanya ingin memastikan tidak ada permainan tata niaga di sini," papar Abdul, Jumat (13/1/2017).

Lebih lanjut, dia menyebutkan, KPPU Medan akan menyelidiki apakah kenaikan harga tersebut masih merupakan dampak dari pemusnahan grand parent stock.

"Untuk harga daging sapi juga masih pada kisaran Rp110.000 sampai Rp120.000 per kg. Strategi pemerintah untuk impor daging beku dan daging kerbau tampaknya memang belum memberi hasil. Masyarakat masih suka daging segar. Kenaikan berbagai komoditas harga ini bisa mengancam inflasi Sumut. Apalagi, konsumsi masyarakat sudah menurun," tambahnya.

Hamzah, salah satu pedagang daging ayam di Pasar Petisah mengatakan, kenaikan harga telah terjadi sejak Desember 2016 yakni Rp30.000 hingga Rp33.000 per kg.

"Sekarang malah sudah naik Rp36.000 per kg. Stoknya ada. Tidak pernah kosong kok. Tapi kami juga heran kok bisa naik. Pembelian jadi berkurang rata-rata 30%. Biasanya harga cuma Rp25.000 sampai Rp28.000 per kg."

Sementara itu, harga cabai merah terpantau Rp30.00 sampai Rp40.000 per kg. Cabai rawit Rp20.000 per kg. Selain ayam dan sapi, harga tomat pun ikut meningkat.

Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut Gunawan Benjamin mengemukakan, harga tomat naik dua kali lipat dari Rp7.000 per kg menjadi Rp17.000 per kg.

Dia memprediksi dalam waktu dekat, lonjakan harga bahan pangan belum bisa diredam dalam waktu dekat. Adapun, pasokan menjadi pemicu utama.

Sepanjang tahun lalu, Sumut mengalami inflasi 6,34%. Pada Desember 2016, inflasi bulanan tercatat 0,19%. Di Medan, kenaikan harga terjadi untuk daging ayam ras 7,24%, dencis 5,63%, tongkol 9,47%, telur ayam 6,62%, dan teri 7,88%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper