Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI-Jepang Bentuk Forum Kerja Sama Strategis Bidang Maritim

Indonesia dan Jepang sepakat membentuk Indonesia-Japan Maritime Forum guna membahas kerjasama di bidang maritim yang bersifat strategis kedua negara.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Indonesia dan Jepang sepakat membentuk Indonesia-Japan Maritime Forum guna membahas kerjasama di bidang maritim yang bersifat strategis kedua negara.

"Indonesia-Japan Maritime Forum atau IJMF dibentuk melalui Memorandum of Cooperation to Establish Indonesia-Japan Maritime Forum yang ditandatangani oleh Menko Maritim Luhut Panjaitan dan Menlu Jepang Fumio Kishida, Rabu (21/12/2016)," sebut keterangan pers Kementerian Koordinator Kemaritiman yang diterima di Yogyakarta, Rabu.

Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan didampingi oleh Meneg PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro dan sejumlah pejabat tinggi Indonesia mengadakan kunjungan kerja ke Jepang pada 20-21 Desember 2016.

Agenda utama kunjungan adalah pembentukan Indonesia-Japan Maritime Forum, pembahasan kerja sama infrastruktur antara lain, pelabuhan Patimban, kereta api cepat Jakarta - Surabaya, serta kerja sama keamanan laut.

Cakupan kerja sama IJMF meliputi bidang keamanan maritim dan keselamatan laut, pembangunan ekonomi kemaritiman, pembangunan infrastruktur kemaritiman, dan pendidikan dan pelatihan kemaritiman.

Menko Maritim juga membahas kerjasama strategis dengan Jepang di kawasan Sabang, Natuna, Morotai, dan Maluku.

IJMF akan menjadi forum penting bagi Indonesia dan Jepang untuk membangun berbagai kerja sama konkrit kemaritiman kedua negara baik secara bilateral atau pun dalam rangka memberikan sumbangan nyata bagi upaya menciptakan dan menjaga stabilitas, perdamaian dan keamanan di kawasan.

Dalam kunjungan kali ini, Menko Maritim bertemu dengan pejabat tinggi pemerintah Jepang yaitu Menlu Jepang Fumio Kishida, Menteri MLIT (Land, Infrastructure, Transport and Tourism) Keiichi Ishii, Menteri METI (Economy, Trade and Industry) Hiroshige Seko.

Ada pula politisi senior Toshihiro Nikai sebagai Sekjen Partai LDP dan Ketua Persahabatan Parlementer Indonesia-Jepang, dan Mantan Perdana Menteri Yasuo Fukuda sebagai Japan-Indonesia Friendship Society.

Tim Indonesia juga bertemu dengan kalangan industri Jepang yaitu Ports and Harbors Association of Japan, Sumitomo Corp., Taisei Corp., Chiyoda Corp., Teijin Limited, Marubeni Corp., Sumitomo Mitsui Banking Corp., dan INPEX.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper