REVITALISASI JALUR KA JAKARTA-SURABAYA: Jepang Tawarkan Diri

Pemerintah Jepang menawarkan perusahaan asal negaranya untuk menggarap proyek revitalisasi jalur kereta api utara Pulau Jawa rute Jakarta-Surabaya agar bisa digunakan oleh kereta api dengan kecepatan 150 kilometer per jam.
Yudi Supriyanto | 21 Desember 2016 20:44 WIB
Ilustrasi: Kereta cepat Jepang - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Jepang menawarkan perusahaan asal  negaranya untuk menggarap proyek revitalisasi jalur kereta api utara Pulau Jawa rute Jakarta-Surabaya agar bisa digunakan oleh kereta api dengan kecepatan 150 kilometer per jam.

Berdasarkan rilis Kementerian Perhubungan, tawaran pemerintah Jepang tersebut diketahui setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu Duta Besar Jepang untuk Indonesia Tanizaki Yasuaki di kantor Kemenhub.

“Terkait proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, dari hasi pertemuan tersebut diketahui, Pemerintah Jepang akan menawarkan salah satu perusahan asal Jepang untuk membangun proyek tersebut,” tulis siaran pers Kemenhub itu Rabu (21/12/2016).

Meskipun begitu, Kemenhub menambahkan, pihaknya masih menunggu hasil kunjungan Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut B. Pandjaitan ke Jepang.

Untuk sekedar diketahui, Menteri Infrastruktur dan Transportasi Jepang rencananya akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada akhir tahun ini, yakni pada 28-29 Desember 2016.

Menteri Infrastruktur dan Transportasi Jepang dijadwalkan akan bertemu Menteri Perhubungan guna membahas beberapa proyek transportasi seperti pembangunan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat selain revitalisasi jalur KA utara Pulau Jawa rute Jakarta-Surabaya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
transportasi

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top