Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Belanja Online Aman dengan Kartu Kredit

Berbelanja online menawarkan kepraktisan karena konsumen tidak perlu datang ke toko, bermodal laptop atau ponsel pintar, sudah dapat membeli barang yang diinginkan.
Ilustrasi/Quartsoft
Ilustrasi/Quartsoft

Bisnis.com, JAKARTA - Berbelanja online menawarkan kepraktisan karena konsumen tidak perlu datang ke toko, bermodal laptop atau ponsel pintar, sudah dapat membeli barang yang diinginkan.

Transaksi dipermudah karena sejumlah e-commerce menawarkan opsi pembayaran dengan kartu kredit, konsumen tidak perlu pergi ke ATM untuk transfer.

Tetapi, apakah transaksi tersebut aman? Pegiat teknologi Sofian Hadiwijaya mengatakan situs belanja yang menyediakan pembayaran dengan kartu kredit bekerja sama dengan pihak ketiga yang menyediakan layanan pembayaran transaksi online.

Pihak ketiga umumnya sudah melakukan tes keamanan pembayaran secara online. Menurut salah satu pendiri Pinjam.co.id ini, konsumen yang perlu diajari agar berhati-hati saat mereka berbelanja online dengan kartu kredit.

1. Baca ketentuan

Biasakan membaca kebijakan situs belanja tersebut. Situs harus menuliskan mereka bekerja sama dengan pihak mana saja. "Kalau install aplikasi, baca lagi permission apa saja yang diminta," kata Sofian.

Perhatikan baik-baik ketentuan tersebut, jangan terburu-buru. Bila belum yakin, tanyakan pada teman yang mengerti apakah website itu dapat dipercaya.

2. Mendaftar dengan e-mail

Sofian menyarankan mendaftar secara manual menggunakan e-mail ketimbang log in atau sign up dengan media sosial. Mendaftar dengan e-mail dan kata kunci yang sama untuk beberapa akun berisiko ketika satu akun diretas, makan akun lainnya akan rentan. Bila mendaftar dengan e-mail, konsumen dapat membuat kata kunci yang berbeda.

3. Koneksi pribadi

Sofian tidak menyarankan mengakses situs yang memakai protokol hypertext transfer protocol (HTTP) dengan wifi publik. "HTTPS lebih aman," kata dia. Umumnya, browser sekarang memiliki sistem peringatan bila situs yang diakses tidak aman.

Tetapi, banyak pengguna internet yang langsung klik continue atau "teruskan" tanpa membaca lagi peringatan yang diberikan.

4. Jangan simpan nomor kartu kredit

Demi kemudahan, konsumen sering mengaktifkan opsi penyimpanan kartu kredit sehingga ia tidak perlu memasukkan nomor kartu kredit ketika berbelanja di sebuah situs.

Ia pribadi memilih menggunakan alat pembayaran virtual, misalnya Paypal, untuk membayar sehingga hanya akun tersebut yang memiliki data tentang kartu kreditnya. Ketika berbelanja online, ia akan menggunakan pembayaran tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper