Kemenhub Serahkan Sisa Proyek Jalur KA Makassar-Parepare ke Swasta

Kementerian Perhubungan akan menyerahkan sisa pembangunan jalur kereta api (KA) trans Sulawesi rute Makassar-Parepare kepada swasta nasional atau asing setelah selesai membangun sepanjang 30 kilometer.
Yudi Supriyanto | 20 Desember 2016 13:00 WIB
Pembangunan proyek kereta api - Ilusttrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan menyerahkan sisa pembangunan jalur kereta api (KA) trans Sulawesi rute Makassar-Parepare kepada swasta nasional atau asing setelah selesai membangun sepanjang 30 kilometer.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Kementerian Perhubungan akan menyerahkan pembangunan jalur KA trans Sulawesi rute Makassar-Parepare sepanjang 116 kilometer ke swasta. Dia mengungkapkan saat ini total panjang jalur KA yang akan dibangun pada rute tersebut mencapai 146 km.

“Jadi kalau sekarang kita sudah investasi sejauh 30-40 km, sekitar 100 km-nya itu adalah swasta," kata Budi, Jakarta, dalam siaran pers yang dikirimkan kepada Bisnis.com pada Selasa (20/12/2016).

Pemerintah menggunakan APBN dan APBD untuk membangun jalur tersebut. Dia berharap pemerintah dapat menggunakan sumber dana tersebut sebagai jaminan untuk memberikan subsidi berupa public service obligation (PSO) jika swasta mau menanamkan modalnya dalam proyek tersebut.

Pada masa mendatang, jelasnya, dana APBN akan dipakai sebagai stimulus bagi swasta untuk berinvestasi. "Stimulus itu dilakukan agar menarik swasta baik lokal maupun asing masuk ke sini," ujarnya.

Dia mengatakan pemerintah pusat dan daerah telah berkomitmen untuk membuka diri bagi pihak swasta yang ingin berinvestasi membangun KA Trans Sulawesi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
transportasi, kereta api

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top