Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GEMPA ACEH: Pasokan BBM Dijamin Aman

PT Pertamina (Persero) memastikan gempa bumi dengan kekuatan 6,4 skala richter (SR) di Pidie Jaya, Aceh, tidak mengganggu pasokan bahan bakar minyak (BBM) di wilayah terdampak.
Wianda Pusponegoro /Antara
Wianda Pusponegoro /Antara

Bisnis.com, JAKARTA—PT Pertamina (Persero) memastikan gempa bumi dengan kekuatan 6,4 skala richter (SR) di Pidie Jaya, Aceh, tidak mengganggu pasokan bahan bakar minyak (BBM) di wilayah terdampak.

Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengatakan seluruh fasilitas Pertamina tidak mengalami kerusakan akibat gempa bumi di Pidie Jaya, sehingga operasional akan tetap berjalan normal.

“Hasil pengecekan pasca-gempa, lima Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) dan satu Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) milik Pertamina di Aceh tidak mengalami kerusakan,” katanya melalui keterangan resmi, Rabu (7/12/2016).

Meski demikian, ada tiga stasiun pengisian bahan bakar umum yang aspek keselamatannya harus kembali diperiksa, karena terletak di wilayah terdampak gempa bumi. Pengecekan itu dilakukan untuk memastikan stasiun pengisian bahan bakar umum dapat beroperasi dengan baik saat dibuka.

Wianda menuturkan pasokan BBM di wilayah Aceh masih dalam level cukup, yakni terdapat 6.447 kiloliter Premium, dan 11.024 kiloliter Solar. Pertamina juga akan terus menambah pasokan liquified petroleum gas (LPG), agar memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah terdampak gempa.

Untuk mengantisipasi kelangkaan pasokan BBM, Pertamina juga menyiapkan satu unit mobil tangki yang dilengkapi dengan flowmeter, sehingga dapat melayani masyarakat. Mobil itu dapat menggantikan peran stasiun pengisian bahan bakar umum yang belum dibuka, karena pemeriksaan aspek keselamatan.

Selain itu, Pertamina juga menyiagakan dua stasiun pengisian bahan bakar umum di Pidie dan Bireuen, sebagai back up, apabila kebutuhan BBM meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper