Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Syarat Menjadi Kota Musik Dunia

Badan Ekonomi Kreatif telah menunjuk Robin Malau sebagai konsultan untuk menyusun strategi dan rencana aksi kota Ambon menuju kota musik dunia.
Logo Badan Ekonomi Kreatif. / Bisnis
Logo Badan Ekonomi Kreatif. / Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA-Badan Ekonomi Kreatif telah menunjuk Robin Malau sebagai konsultan untuk menyusun strategi dan rencana aksi kota Ambon menuju kota musik dunia. Di situs pribadinya, Robin menuturkan semakin banyak pemerintah dan pemangku kepentingan dari seluruh penjuru dunia menyadari strategi membangun kota ramah musik dapat memberikan keuntungan yang signifikan.

"Apakah kota Anda ingin dikunjungi turis? Menjadi tempat tinggal anak muda berbakat? membangun merk kota. Coba gunakan musik. Kurang lebih begitu," ujar Robin seperti dikutip dari Robinmalau.com, Selasa (22/11/2016).

Strategi kota musik untuk tiap kota di Indonesia tentu berbeda-beda. Namun ada beberapa strategi mendasar yang dapat diadopsi dan diterapkan di Indonesia yaitu kebijakan pemerintah, menggalang dukungan dari pemangku kepentingan, membangun gedung pusat musik, mengoptimalkan karang taruna, menyelenggarakan konferensi dan festival musik rutin, dan pariwisata musik.

Kebijakan yang dimaksud seperti perizinan bisnis, acara musik, perencanaan transportasi dalam kota, dan penggunaan aset tanah. Hal tersebut sangat mempengaruhi keberlangsungan dan kesehatan ekonomi musik.

"Dukungan bisa dalam bentuk program pelatihan, mentoring, akses pendidikan dan perpustakaan, bahkan perumahan yang terjangkau. Untuk mencapai tujuan ini dukungan pemerintah di semua level sangat esensial," ujarnya. Membentuk pengurus kota musik menjadi sangat penting. Hal tersebut guna memudahkan jika ada pihak atau organisasi yang selalu dapat dihubungi berkaitan dengan strategi kota musik.

Latar belakang pengurus bisa bermacam-macam dari kalangan musisi, komunitas, dan industri. Mereka adalah orang-orang yang mengerti seluk beluk kebijakan pemerintah hingga perekonomian. Membangun gedung pusat musik tak dapat ditawar.

Sebab musik butuh rumah dalam berbagai ukuran dan format. Dari ruang diskusi, belajar, berlatih, dan panggung. Robin mengatakan dengan adanya gedung ini menunjukkan komitmen kota membangun musik. "Gedung juga dapat dimanfaatkan sebagai kantor pengurus kota musik," imbuhnya.

Soal karang taruna, Robin menilai keterlibatan mereka jangan dianggap remeh. Bila efektif, pengembangan musik lewat karang taruna dapat menjadi kegiatan yang masif tersebar di seluruh sudut kota. Di samping itu, karang taruna juga bisa menjadi dasar menggodok ciri musik lokal. Kemudian penyelenggaran konferensi dan seminar musik bertaraf internasional diperlukan bagi sebuah kota ingin menjadi kota musik.

Melalui kegiatan tersebut musik dapat berkembang karena membentuk lingkungan musik yang di dalamnya bertemu para pelaku musik dari berbagai kota atau negara lain. Pariwisata musik merupakan sarat lain yang harus dipenuhi bagi sebuah kota. Berkaca pada Inggris, pada 2015, sektor live musik di kota Bristol-Inggris memberikan kontribusi £123 juta atau hampir 2,5 trilyun rupiah pada ekonomi lokal. Hal ini sama nilainya dengan nilai industri Indonesia tahun 2013.

"Sementara itu di tahun lalu, pariwisata musik menghasilkan £3,2 miliar atau sekitar 60 triliun ke ekonomi di UK dan memberikan pekerjaan tetap pada setidaknya 50 ribu orang."

Menurut Robin aset pariwisata musik kota tidak hanya lokasi live musik, tapi juga bisa termasuk gedung pusat musik, festival, tempat belanja merchandise, hingga lokasi-lokasi musik yang bersejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper