Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Triwulan III/2016, Kontribusi Ekonomi Jambi Didominasi Sektor Agribisnis

Badan Pusat Statistik (BPS) Jambi mencatat struktur ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan III/2016 didominasi oleh lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PDRB yakni 29,66%.
Petani sedang menabur pupuk di sawah/Ilustrasi-Antara
Petani sedang menabur pupuk di sawah/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, JAMBI - Badan Pusat Statistik (BPS) Jambi mencatat struktur ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan III/2016 didominasi oleh lapangan usaha agribisnis seperti pertanian, kehutanan, dan perikanan yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PDRB yakni 29,66%.

Pada sisi pengeluaran, PDRB banyak digunakan untuk komponen ekspor sebesar 66,51% serta komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga yaitu 45,02%. "Namun, terkoreksi oleh komponen impor barang dan jasa sebagai pengurang berperan 44,96%," kata Kepala BPS Jambi Dadang Hardiwan, Sabtu (19/11/2016).

Adapun untuk perekonomian provinsi Jambi yang diukur berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan III/2016 mencapai Rp43,43 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp32,76triliun.

Untuk ekonomi Jambi pada triwulan III/2016 terhadap triwulan sebelumnya meningkat sebesar 1,27%. Dari sisi produksi, pertumbuhan ini disebabkan oleh lapangan usaha Konstruksi yang tumbuh 9,17%.

Kemudian diikuti oleh lapangan usaha penyediaan akomodasi dengan pertumbuhan 7,43%. "Dari sisi pengeluaran komponen konsumsi lembaga non profit tumbuh 3,97% karena adanya Idulfitri dan Iduladha," kata Dadang.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi triwulan III/2016 terhadap triwulan III/2015 mencapai 4,03%, melambat dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015 yang sebesar 4,38%.

Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha jasa keuangan dan lapangan usaha transportasi masing-masing sebesar 9,58% dan 9,36% sedangkan dari sisi pengeluaran oleh konsumsi rumah tangga yang tumbuh 4,44%.

Dadang juga mengatakan, secara kumulatif triwulan I-III/2016 terhadap triwulan I-III/2015, ekonomi Jambi tumbuh 3,68%, melambat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang tumbuh 4,57%.

Lapangan usaha yang tumbuh paling cepat adalah jasa keuangan sebesar 9,82%. Dari sisi pengeluaran oleh komponen pembentukan modal tetap bruto yang tumbuh 5,3%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper