Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yesboss Bidik Layanan Conversational Platform untuk Brand

Yesboss kini membidik sektor bisnis terbaru ya berupa layanan conversational platform untuk brand
Internet/Ilustrasi
Internet/Ilustrasi

Bisnis.com, SINGAPURA-YesBoss Group kini membidik sektor bisnis lewat layanan terbarunya, Kata.ai (http://kata.ai), sebuah conversational platform untuk brand.

Kata.ai ditujukan untuk brand berskala nasional yang ingin meningkatkan kualitas hubungan dengan konsumennya melalui media sosial dan messaging platform terpopuler di Indonesia seperti LINE, Facebook, Twitter, Blackberry Messenger, serta Telegram. Kata.ai menjadi jawaban bagi brand yang sedang mencari pendekatan baru untuk memenangkan hati konsumen.

Kata.ai mengadopsi teknologi Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing/NLP) dalam menerjemahkan konteks pembicaraan sehingga dapat memberikan jawaban yang relevan untuk setiap pertanyaan yang diajukan. Teknologi ini memungkinkan brand untuk berinteraksi dan bahkan bertransaksi dengan konsumen mereka lebih cepat dengan biaya yang jauh lebih efisien.

Berkat teknologi ini pula, brand dapat hadir dengan personal yang diinginkan untuk menjalin interaksi yang lebih personal dengan jutaan konsumen mereka. Sistem cerdas Kata.ai adalah buah dari pengalaman YesBoss dalam memahami bagaimana konsumen Indonesia berbahasa dan bertransaksi melalui pesan teks. Tim engineer khusus telah menganalisa data perilaku konsumen lewat jutaan pesan teks yang dibedah.

Data tersebut kemudian digunakan untuk pengembangan teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) agar dapat menginterpretasikan struktur kalimat yang kompleks. Kata.ai dapat menjadi sarana brand dan pelaku bisnis untuk memahami perilaku setiap konsumen secara mendalam. Lebih lanjut, teknologi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mempermudah konsumen untuk mengakses informasi produk, bahkan bertransaksi dengan brand kesayangan mereka. Konsumen hanya perlu menyapa brand di messaging platform favorit mereka untuk mendapatkan jawaban ataupun membeli produk yang mereka inginkan.

Lewat Kata.ai, interaksi brand-konsumen menjadi lebih natural dari sebelumnya. “Kata.ai adalah pionir teknologi AI/NLP untuk sektor bisnis di Indonesia yang memungkinkan konsumen untuk ‘berteman’ dengan brand favorit mereka. Apalagi melihat perilaku konsumen Indonesia yang gemar chatting, ini jadi kesempatan emas bagi brand untuk menerapkan pendekatan yang berbeda. Pendekatan yang lebih personal. ” ujar Irzan Raditya, CEO YesBoss Group dalam siaran persnya.

Komitmen YesBoss Group untuk mengembangkan teknologi Kata.ai juga tidak setengah-setengah. Hal ini didukung dengan bergabungnya Jim Geovedi, seorang pakar NLP dan Deep Learning di Indonesia, yang kini menjabat sebagai Tech Advisor. Selain itu, departemen teknologi YesBoss Group juga dipimpin oleh Ahmad Rizqi Meydiarso, yang telah lama berperan sebagai System Engineer di Airbus.

Adanya individu-individu dengan kaliber ini tentu sangat berpengaruh dalam pengembangan produk Kata.ai secara keseluruhan. “Kami sangat menantikan kesempatan untuk bekerja sama dengan ratusan brand berskala nasional dalam merubah cara mereka untuk berkomunikasi dengan konsumennya. Sebagai startup teknologi, kami melihat potensi besar chatbot yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai industri di Indonesia mulai dari FMCG hingga layanan perbankan. Kata.ai adalah jawaban bagi brand yang ingin mengenal kebiasaan dan perilaku konsumennya secara mendalam.” tutup Irzan.

Sebelum Kata.ai resmi diluncurkan, YesBoss Group sudah menjalin kerja sama dengan Microsoft, Infomedia Nusantara (contact center terbesar di Indonesia, anak perusahaan dari PT Telkom) dan aCommerce (perusahaan penunjang bisnis ecommerce asal Thailand) untuk merangkul ratusan brand berskala nasional dari berbagai industri.

Hal ini demi mewujudkan visi YesBoss Group guna menunjang pertumbuhan ekonomi modern di Indonesia, memerantarakan tren conversational commerce dengan teknologi percakapan terbaik. Pemahaman terhadap pergerakan tren tersebut pula yang semakin memantapkan langkah YesBoss Group untuk menggarap teknologi terkait di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper