Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MV Divine Terbakar, Menhub Prihatin

Menteri Perhubungan melakukan tinjauan atas kapal Divine Success yang terbakar di Pelabuhan Tanjung Priok semalam, Jumat (16/9/2016).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi /Antara-Widodo S. Jusuf
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi /Antara-Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan atas kapal Divine Success yang terbakar di Pelabuhan Tanjung Priok semalam, Jumat (16/9/2016).

Dia mengungkapkan, rasa prihatinnya atas tragedi terbakarnya kapal yang tengah membongkar semen curah di Dermaga 115 Tanjung Priok Jakarta.

"Saya turut prihatin atas terjadinya musibah terbakarnya Kapal  MV Divine Success di Pelabuhan Tanjung Priok," ujarnya, dalam siaran pers pada tengah malam, Sabtu (17/9/2016).

Budi  tiba di lokasi menjelang pukul sembilanp malam, melakukan peninjauan didampingi oleh Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Tony Budiono, Irjen Kemenhub, Cris Kuntadi serta Syabandar Pelabuhan Tanjung Priok, Capt. Sahatua.

Menhub dan rombongan menyaksikan sendiri para Tim Pemadam Gabungan yang terdiri dari Pelindo, Kepanduan dan Syahbandar di lokasi kebakaran Kapal,  telah berhasil bekerjasama bahu membahu memadamkan api dalam tempo kurang lebih selama dua jam.

Kepada Menhub, Syahbandar, Sahattua Simatupang menjelaskan, bahwa Kapal MV Devine Succes mulai terbakar pada pukul 18.30 dan titik api diduga dimulai di ruang mesin dan langsung ditangani oleh para petugas di Pelabuhan.

Tidak korban jiwa dalam insiden kebakaran ini dan semua awak kapal Selamat.

"Saat ini Kapal sedang didinginkan dengan peralatan pendingin, baik dari sisi darat dan maupun Sisi laut, agar para para petugas lebih mudah dalam melakukan penyelidikan" tambah Syahbandar Sahattua.

Budi menyampaikan apresiasinya atas kesiapan perlengkapan Pelabuhan dan kesigapan para Petugas Pelabuhan dalam mengatasi kebakaran dengan cepat. Menhub juga menyampaikan terima kasih kepada petugas Polres Jakarta Utara yang telah turut mengamankan area insiden dan Damkar Jakarta Utara yang juga telah siaga di Dermaga 115 Tanjung Priok.

"Saya telah tugaskan Dirjen Perhubungan Laut melakukan koordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan pengecekan kembali terhadap prosedur penanganan keselamatan bongkar muat barang kapal di Pelabuhan, guna menghindari terulangnya insiden serupa dimasa datang" kata Menhub saat di Pelabuhan Tanjung Priok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper