Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMKM Sumsel Diminta Manfaatkan Peluang Asian Games 2018

Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sumsel diharapkan mampu mengambil peluang usaha dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang yang akan dihadiri ribuan peserta dari berbagai negara di Palembang.
Logo Asian Games 18th. /Bisnis.com
Logo Asian Games 18th. /Bisnis.com

Bisnis.com, PALEMBANG - Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sumsel diharapkan mampu mengambil peluang usaha dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang yang akan dihadiri ribuan peserta dari berbagai negara di Palembang.

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki mengatakan pemerintah daerah akan terus memberikan perhatian penuh dan mendorong UMKM agar semakin maju dan mandiri.

"Saat ini Sumsel memiliki peluang usaha yang besar bagi UMKM, ditambah kemampuan daya saing produk sudah ada, tinggal bagaimana agar UMKM ini menjadi bagian dari penopang ekonomi kerakyatan Sumsel," ujarnya saat menerima kunjungan Pengurus Asosiasi Industri UMKM Indonesia (Aku Mandiri), Rabu (24/8/2016).

Ishak mengungkapkan contoh peluang usaha yang sudah di depan mata yakni menyambut Asian Games 2018, UMKM harus menyiapkan produk unggulan Sumsel seperti songket, souvenir, dan berbagai produk kerajinan lainnya untuk dijajakan pada perhelatan event internasional ini.

Selain itu, lanjut Ishak, peluang lainnya seperti saat ini Sumsel sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur, proyek berskala besar, tentu ini bisa menjadi peluang besar bagi UMKM.

Sehingga, jangan sampai dana pembangunan infrastruktur tersebut hanya beredar di tingkat pusat saja melaikan UMKM daerah harus bisa mendapat manfaat melalui proyek besar ini.

"Seperti pembangunan infrastruktur, bisa saja menjadi pemasok bahan bangunan yang dibutuhkan, apalagi kita tau sumber daya di Sumsel sangat melimpah, jadi UMKM harus bisa memanfaatkan peluang di sana," ujarnya

Ishak menambahkan, untuk memajukan dunia UMKM Sumsel, ke depan dirinya menginginkan adanya tempat promosi khusus hasil kerajinan di Sumsel sehingga ketika ada kunjungan wisata asing dapat melihat langsung berbagai hasil kerajinan dari UMKM.

Dengan ini, diharapkan para pelaku UMKM sendiri akan terus berupaya meningkatkan kualitas produk yang dihasilkannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper