Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL CISUMDAWU: Pemerintah Targetkan Lelang Konstruksi Seksi I Tahun ini

Pemerintah menargetkan lelang konstruksi yang menjadi porsi pemerintah untuk tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan seksi I Oktober tahun ini.
Pengerjaan proyek tol Cisumdawu/Ilustrasi
Pengerjaan proyek tol Cisumdawu/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menargetkan lelang konstruksi yang menjadi porsi pemerintah untuk tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan seksi I Oktober tahun ini.

Kepala Satuan Kerja Tol Cisumdawu Wida Nurfaida mengatakan hal itu dilakukan supaya proses penandatanganan kontrak konstruksi dapat dilakukan Desember 2016. Tahun depan lanjutnya dapat dilakukan penandatanganan pinjaman dari Bank China Eksim dan segera melakukan konstruksi.

“Kalau loan China memang beda dengan yang lain, kami harus tanda tangan kontrak konstruksi dulu baru loan agreement. Makanya kami harus segera lelang konstruksi, supaya tahun depan loan-nya bisa cair,” katanya Rabu (24/8/2016).

Selain itu menurut Wida, persyaratan lain yang diperlukan untuk mencairkan pinjaman dari China adalah turunnya uang muka dari dipa rupiah sebesar 10%. Dia mengharapkan pemerintah telah menganggarkan dipa tersebut pada APBN 2017 supaya konstruksi tak tersendat.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV untuk Jabodetabek Punjur, Jabar dan Banten, Bambang Hartadi mengatakan pemerintah kembali berencana mengajukan pinjaman kepada China Exim Bank tahun ini dalam membangun tol Cisumdawu porsi pemerintah di seksi I.

Seksi I itu mencakup Cileunyi—Rancakalong sepanjang 12 km dengan estimasi kebutuhan pendanaan sebesar Rp2,1 triliun.

“Sekarang prosesnya kami sedang ajukan ke Bappenas dan Menteri Keuangan, internal kami sudah selesai. Tinggal Sekjen mengirim surat atas nama menteri ke Bappenas dan Menteri Keuangan,” katanya

Bambang mengatakan segala percepatan perlu dilakukan pasalnya Kepala Negara telah menginstruksikan percepatan dari rencana semula 2019 menjadi 2018. Selain itu, operasional tol ini juga diharapkan bisa bersamaan deangan selesainya konstruksi Bandara Kertajati.

Pasalnya, jalan tol ini nantinya akan terkoneksi dengan jalan tol Cikopo-Palimanan yang juga akan menjadi akses pendukung menuju bandara Kertajati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper