Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Ketahanan Pangan Indonesia Di GFSI Naik

Secara keseluruhan (overall) peringkat Indonesia dalam Global Food Security Index (GFSI) atau indek Ketahanan pangan global 2016 yang dikeluarkan oleh User Interface Engineering, --The Economist Group-- yang berkantor pusat di Inggris dan sudah berdiri sejak 1946, melonjak tajam ke posisi 71.

Bisnis.com, MEDAN - Secara keseluruhan (overall) peringkat Indonesia dalam Global Food Security Index (GFSI) atau indek Ketahanan pangan global 2016 yang dikeluarkan oleh User Interface Engineering, --The Economist Group-- yang berkantor pusat di Inggris dan sudah berdiri sejak 1946, melonjak tajam ke posisi 71.

Dalam peta peringkat yang dikeluarkan UIE, ada empat: best performance, good performance, moderat performance dan neeeds improvement. Indonesia masuk dalam good performance. Indonesia dari 20 negara dianggap negara yang paling mengalami kemajuan atU perubahan terbesar dengan 2,7 poin (nomor satu) disusul Myanmar dan United kingdom di posisi ketiga.

Pada GFSI yang diterbitkan April 2015, Indonesia masuk peringkat enam dari delapan negara Asia Tenggara, atau 74 dari 109 negara di seluruh dunia. Termasuk dalam kategori moderate (sedang). Namun, salah satu yang terbawah bahkan ditataran negara-negara Asia Tenggara. Secara peringkat, pada 2014, Indonesia berada pada peringkat 72. Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan mengatakan selama ini sektor pertanian memang tidak jelas.

"Sekarang kita atur. Dan, kini impor kita benahi. Sekarang impor sudah turun sekitar 40%," ujarnya saat bersama Mentan Amran Sulaiman menghadiri wisuda angkatan II SMA Unggul Del di Toba Samosir, Sumatra Utara, Sabtu (23/7/2016). Isu inti GFSI Indeks Global Food Security Indeks ( GFSI ) mengukur isu-isu inti dari keterjangkauan, availabilty, dan kualitas & keamanan di 113 negara .

Indeks adalah model benchmarking kuantitatif dinamis, dibangun dari 28 indikator yang unik yang mengukur driver ketahanan pangan di kedua negara sedang berkembang dan berkembang . Data ini sudah dirilis Sejak 9 Juni 2016 dan ini adalah iterasi tahunan kelima dari GFSI.

Pemeringkatan ini dikembangkan oleh The Economist Intelligence Unit (EIU), sebuah lembaga riset dan analisis independen yang berisi ahli ekonomi global bersama dengan DuPont, salah satu perusahaan bahan kimia.

Pertumbuhan Global Food Security Index sejumlah negara 2015 ke 2016

Indonesia2,7

Myanmar2,7

United Kingdom 2,6

Ekuador 2,4

Benin 2,2

Kolombia 2,2

Honduras 2,2

Irlandia 2,0

Israel 2,0

Argentina 1,9

Bahrain -1,5

Malawi -1,6

Burundi -0.8

Botswana -0.9

Siera Leone -1.1

Venezuela -1.3

Suriah -1,4

Haiti -2.0

Pantai Gading -3.9

Yaman -4.2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper