Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Medan akan Hidupkan Kembali KA Rute Medan-Belawan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre Sumatra Utara dan Pemerintah Kota Medan berencana menghidupkan kembali komuter (lokal) rute Medan-Belawan. Adapun, rute ini sebelumnya ditutup karena tak memiliki peminat.
Perbaikan rel kereta api./Antara
Perbaikan rel kereta api./Antara

Bisnis.com,  MEDAN - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre Sumatra Utara dan Pemerintah Kota Medan berencana menghidupkan kembali komuter (lokal) rute Medan-Belawan. Adapun, rute ini sebelumnya ditutup karena tak memiliki peminat.

Humas KAI Sumut Rapino Situmorang menyebutkan pemko telah mengajukan permintaan mengaktifkan kembali rute tersebut. Kendati demikian, hingga saat ini KAI Sumut masih menunggu sarana (kereta api) untuk mendukung rute ini.

"Sebelumnya, KA Sri Lelawangsa ada dua rute yaitu Medan-Binjai dan Medan-Belawan. Tapi memang yang rute Medan-Belawan dihentikan karena tidak ada penumpangnya. Baru-baru ini pemko minta kembali [aktif]. Memang kali ini kan sesuai dengan program pemerintah pusat, interkoneksi angkutan udara, laut, dan darat," papar Rapino, Selasa (19/7/2016).

Lebih lanjut, pengaktifan kembali rute Medan-Belawan, jelas Rapino akan membantu para penumpang kapal laut dari Pelabuhan Belawan. Dia memproyeksi pada operasional awal, jadwal rute ini akan menyesuaikan dengan jadwal bersandar kapal.

"Menjanjikan atau tidak, kami tidak melakukan kajian bisnis. Kami berharap, kalau memang nanti sudah berjalan, ada subsidi dari pemerintah. Seperti operasional kereta api ekonomi dan komuter yang ada di Sumut. Yang jelas, tarifnya tidak bisa seperti sebelumnya Rp3.000," tambahnya.

Adapun, dia merinci, jalur KA Medan-Belawan lebih panjang yakni 22 km daripada KA Medan-Binjai 21 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper