Banjir Rendam Rel, Ini Strategi KAI

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menegaskan akan mengutamakan keselamatan penumpang terkait banjir yang merendam rel kereta.
Annisa Sulistyo Rini | 02 Juli 2016 21:44 WIB
Ilustrasi. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--PT Kereta Api Indonesia (Persero) menegaskan akan mengutamakan keselamatan penumpang terkait banjir yang merendam rel kereta.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan ketika banjir merendam rel kereta, maka tidak boleh ada satupun kereta yang melewatinya.

"Kami lakukan penjagaan, untuk keselamatan penumpang," katanya di Jakarta, Sabtu (2/7/2016).

Edi menyatakan apabila para penumpang tidak dapat diberangkatkan, pihaknya akan memberikan alternatif dengan cara mengalihkan penumpang ke kereta berikutnya atau menyewakan bus untuk mengangkut penumpang.

Sebelumnya, banjir yang melanda petak Bangil-Pasuruan KM 58+1/9 dari Stasiun Surabaya Gubeng pada Kamis (30/6/2016) merendam rel kereta api hingga 18 cm. Dampaknya, beberapa rangkaian kereta api tertahan di beberapa stasiun.

Edi mengungkapkan pagi hari tadi, kereta sudah dapat melintasi jalur tersebut.

Sementara itu, Laporan Posko Angkutan Lebaran Kementerian Perhubungan menyatakan karena pembatalan kereta api untuk tujuan Jember, penumpang mengalami kesulitan untuk kembali menuju Terminal Bungurasih.

"Karena menurut penumpang tidak ada kepastian mendapatkan pelayanan angkutan bus jika menuju ke terminal," tulis laporan tesebut.

Beberapa penumpang menyampaikan saran apabila terdapat pembatalan perjalanan KA, sebaiknya diinformasikan di stasiun awal.

Tag : kereta api
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top