Jumlah Bus AKAP Yang Telah Laik Capai 90%

Jumlah bus Antar Kota Antar Provinsi yang telah laik dalam masa angkutan lebaran mencapai 90%.
Yudi Supriyanto | 02 Juli 2016 03:55 WIB
Bus AKAP - Antara

Bisnis.com,JAKARTA--Jumlah bus Antar Kota Antar Provinsi yang telah laik dalam masa angkutan lebaran mencapai 90%. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, jumlah bus AKAP yang telah melakukan perbaikan hingga 90% tersebut berdasarkan data terakhir pada hari ini, Jumat 1 Juli 2016.

"90% udah memenuhi syarat dari 14.000," kata Jonan, Jakarta, Jumat (1/7/2016). Dia menambahkan, perusahaan otobus tidak dapat mengoperasikan sarananya yang belum memenuhi kelaikan. Terkait dengan angkutan moda jalan, dia mengatakan, pihaknya pada musim angkutan lebaran tahun ini memperkirakan jumlah penumpang moda jalan (AKAP) mengalami penurunan sekitar 7,87% menjadi 4,3 juta dari 4,6 juta pada tahun lalu.

Mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia itu mengaku tidak mengetahui penyebab pasti turunnya jumlah penumpang bus AKAP. Tetapi, dia mengungkapkan, hasil pemeriksaan terhadap bus-bus tersebut menunjukkan bahwa para perusahaan otobus harus memperbaiki diri.

Dia mengatakan, para perusahaan otobus harus meningkatkan keselamatan sarananya. Selain itu, dia menambahkan, perusahaan otobus juga harus memperbaiki pelayanan. Penumapang-penumpang bus AKAP, dia mengatakan, bisa saja berpindah ke moda transportasi lainnya seperti kereta api atau pesawat.

Tag : bus akap
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top