Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan Gandeng Swasta Gelontorkan Daging Rp80.000/Kg

Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng konsorsium yang terdiri dari sejumlah perusahaan swasta melepas ke pasar berton-ton daging sapi beku dengan harga Rp80.000/kg.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng konsorsium yang terdiri dari sejumlah perusahaan swasta "melepas" ke pasar berton-ton daging sapi beku dengan harga Rp80.000/kg.

Keterangan tertulis Kementerian Pertanian yang diterima di Jakarta, Jumat (17/6/2016), merilis kementerian tersebut melepas ribuan ton daging sapi beku sebagai upaya operasi pasar pangan murah yang dilakukan melalui jaringan Toko Tani Indonesia Kementan.

Salah satu komoditas yang dijual murah adalah daging sapi, yang akhir-akhir ini harganya melonjak di pasaran, hingga Rp130.000 per kg. Melalui operasi pasar murah ini, sebanyak 8.110 ton daging sapi beku dijual dengan harga di bawah Rp80.000 per kg.

Perusahaan swasta yang berpartisipasi dalam pasar murah daging sapi, di antaranya Artha Graha melalui Artha Graha Peduli, PT Agro boga Utama, PT Indoguna Utama, PT Estetika Tara Tiara, PT Bumi Maestro Ayu, PT Sari Nusantara Jaya, PT Anzindo Gratia Nasional, PT Berkat Mandiri Prima, PT Berdikari, PT Bina Mentari Tunggal, dan PT Rita Jaya Beef.

Pasar murah yang dimulai pada Rabu (15/6) lalu, digelar di ribuan titik penjualan di seluruh Indonesia. Artha Graha Peduli, misalnya, menggelar pasar murah di lebih dari 3.800 titik yang tersebar di 170 kabupaten di 32 provinsi.

Selain menggandeng konsorsium perusahaan untuk menjual daging sapi murah, Kementan juga mengajak sejumlah pihak, seperti produsen daging ayam dan kebutuhan pokok masyarakat, untuk berpartisipasi dalam operasi pasar murah ini.

Perusahaan dimaksud, di antaranya Charoen Pokphand, Japfa, Sierad Produce, PT Wilmar, Inkoppol, dan Inkopkar.

Dengan demikian, komoditas yang dijual murah tidak hanya daging sapi tetapi juga daging ayam (Rp30.000 per kg), bawang merah (Rp23.000 per kg), bawang putih (Rp22.000 per kg), minyak goreng Rp9.500 per kg), gula pasir (Rp12.000 per kg), beras (Rp7.900 per kg), dan cabai merah (Rp16.000 per kg).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper