Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tata Ruang Kab. Subang untuk Proyek Pelabuhan Patimban Ditunggu

Pemerintah menunggu penyelesaian revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Subang yang didalamnya memuat rencana pembangunan Pelabuhan Utama Patimban.
Pelabuhan/Ilustrasi-inaport4.co.id
Pelabuhan/Ilustrasi-inaport4.co.id

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah menunggu penyelesaian revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Subang yang didalamnya memuat rencana pembangunan Pelabuhan Utama Patimban.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan sampai saat ini pembangunan Pelabuhan Patimban masih dibahas pemerintah pusat di bawah kordinasi Kementrian Kordinator Kemaritiman dan Kementrian Perhubungan. "Jadi kita pararel. Proses financial closing sedang dijalankan pemerintah pusat. Kami di sini soal tata ruangnya,” katanya di Bandung, Senin (23/5/2016).

Disinggung mengenai progres revisi RTRW Kabupaten Subang, saat ini masih dibahas oleh DPRD Kabupaten Subang. Di dalam RTRW itu nantinya mengatur juga terkait rencana pembangunan Pelabuhan Patimban.

"Tata ruang Subang sedang dilegislasi. Alhamdulillah ada percepatan kita sedang tunggu (revisi RTRW) sampai ke Pemprov," katanya.

Rencana pembangunan Pelabuhan Patimban harus dibahas secara komprehensif oleh Pemprov Jabar. Pihaknya juga turut memantau proses revisi tata ruang di kabupaten tersebut agar kegagalan pembangunan Pelabuhan Cilamaya, Kabupaten Karawang tidak terulang. “Pembangunan Patimban akan mempengaruhi aspek ruang di Subang,” ujarnya.

Dengan demikian, revisi RTRW ini menjadi penting guna mendukung terealisasinya pembangunan pelabuhan ini. Seluruh aspek ruang itu nantinya akan tertuang dalam RTRW yang saat ini masih dalam proses revisi. "Bukan hanya pelabuhan regional menjadi pelabuhan utama. Tapi juga dampak pola ruang ditata, termasuk tranportasi," ucapnya.

Pihaknya berharap revisi tersebut bisa diselesaikan tahun ini karena Pemerintah Pusat menargetkan pembangunan fisik tahap I fase I Pelabuhan Utama Patimban, Subang bisa dilakukan pada 2017 mendatang. “Harapannya secepatnya tahun ini juga,” katanya.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan sudah mendapat perintah dari Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla untuk mempercepat revisi RTRW Kabupaten Subang. Ini akan menjadi dasar pembangunan Pelabuhan Utama Patimban.

"Pak JK meminta kita untuk mengubah tata ruang Subang karena pelabuhan Patimban ini dari awal merupakan proyek Pusat,” katanya.

Namun diungkapkan dia, hingga saat ini belum ada lagi pertemuan antara Pemprov Jabar dengan pemerintah pusat membahas kelanjutan pembangunan Pelabuhan Patimban. Pihaknya menunggu instruksi dari pemerintah pusat untuk rapat lanjutan, karena proyeknya digagas oleh pemerintah pusat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper