Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bali Jadi Eksportir Utama Ekspor Ikan Tuna Indonesia

Bali merupakan kontributor ekspor tuna terbesar di Indonesia. Setiap tahun, Pulau Dewata rata-rata mengekspor sebanyak 18.000 ton ikan tuna ke berbagai negara, mayoritas Jepang.
Ikan tuna/ilustrasi
Ikan tuna/ilustrasi

Bisnis.com, MANGUPURA - Bali merupakan kontributor ekspor tuna terbesar di Indonesia. Setiap tahun, Pulau Dewata rata-rata mengekspor sebanyak 18.000 ton ikan tuna ke berbagai negara, mayoritas Jepang.

Menurut Kadis Kelautan dan Perikanan Bali Made Gunaja, posisi strategis Pulau Dewata‎ menyebabkan daerah ini dapat mempertahankan sebagai daerah pengekspor ikan tuna terbesar di Indonesia.

‎"Faktor pertama, karena posisi Bali dekat dengan fishing ground, dan kedua, pelabuhan dan bandara dekat sehingga fresh tuna dapat segera dikirimkan," ujarnya, Kamis (19/5/2016).

Faktor lokasi tersebut yang membuat posisi Bali unik bagi industri perikanan tuna di tanah air. Hal itu dibuktikan dengan keberadaan Asosiasi Tuna Longline Indonesia (ATLI) yang merupakan gabungan perusahaan penangkapan dan eksportir tuna beku dan segar.

‎Gunaja mengakui kebijakan larangan transhipment yang dikeluarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memang sempat mempengaruhi jumlah ekspor dari sini. Dia mengatakan paska kebijakan itu, ekspor ikan tuna segar dari Pulau Dewata sempat turun 7% pada 2015, jika dibandingkan 2014.

Namun, hal tersebut masih dapat dimaklumi karena tujuan larangan tersebut untuk menjaga ekosistem ikan tuna. Dia menyakini dalam rentang dua hingga tiga tahun ke depan pasokan ikan tuna akan kembali melimpah karena dijaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper