Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Bangun Rumah Berpilar? Ini Tipsnya

Keberadaan pilar sangat penting bagi rumah sebagai penyangga komponen atas bangunan. Namun pilar juga dapat dimanfaatkan untuk memperindah tampilan eksterior sebuah rumah sehingga tampak lebih cantik atau mewah.
ilustrasi/ Bisnis Paulus Tandi Bone
ilustrasi/ Bisnis Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Keberadaan pilar sangat penting bagi rumah sebagai penyangga komponen atas bangunan. Namun pilar juga dapat dimanfaatkan untuk memperindah tampilan eksterior sebuah rumah sehingga tampak lebih cantik atau mewah.

Jika kita jalan melewati komplek perumahan elit maka dengan sangat mudah menemui rumah bergaya klasik ramai pilar. Kesan yang muncul ketika melihat rumah gaya klasik berpilar itu adalah kemewahan dan kemegahan.

Ellen Septiane, praktisi desain dari Ecoote Studio mengungkapkan kehadiran pilar begitu urgen bagi rumah secara struktur dan estetika. Kalau secara struktur, pilar berfungsi menopang kanopi bangunan umumnya berada di teras. Sementara secara estetis, keberadaan pilar dapat menguatkan identitas desain bangunan itu sendiri.

"Peran pilar di gaya klasik itu penting sekali," ujarnya belum lama ini.

Sebab, rumah dengan bergaya klasik identitasnya berada di pilar-pilar itu. Menurut dia para desainer, umumnya sengaja menambah jumlah pilar pada rumah klasik, meski tidak terlalu penting secara fungsi. Misalnya dua pilar saja sudah cukup menopang pilar, tapi terkadang ditambah menjadi empat guna memperkuat identitas gaya klasik itu sendiri.

"Kalau kita lihat bangunan seperti Gedung Mahkamah Konstitusi, pilarnya banyak. Itu untuk memperkuat gayanya," ujarnya.

Bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan konsep tersebut, yang perlu diperhatikan adalah komposisi dengan bagian muka gedung. Bila pilar terlalu besar atau dominan, maupun terlalu kecil tentu kurang bagus, alasannya komposisi menjadi tidak seimbang.

"Untuk bahan-bahan material pilar tergantung dari fungsinya. Kalau memang struktural ya harus memenuhi standar sipil bangunan, jadi biasanya harus kuat yaitu dicor," ujarnya.

Adapun ihwal keperluan estetika, pilar dapat dipesan sesuai ukiran yang diinginkan nanti tinggal instalasi di lapangan. Menurut Ellen, pilar estetis tersebut tetap harus disesuaikan dengan gaya bangunan rumah klasik seperti Klasik Yunani, Klasik Romawi, Neo Klasik, Rennaisance, dan konsep klasik lainnya.

"Kadang orang awam cuma tahu buat rumah berpilar untuk kelihatan bagus saja, tapi tidak sinkron dengan keseluruhan gaya rumahnya," ujarnya.

Selebihnya Ellen mengatakan diameter pilar bergantung pada tinggi rumah, jika makin tinggi maka diameternya harus lebih besar. Namun tak ada ukuran pasti karena hal itu kembali disesuaikan pada kebutuhan.

Adapun penggunaan warna, agar tidak terkesan monoton. Alternatifnya dapat mencoba warna pilar yang sedikit berbeda dengan warna dinding, dengan catatan jangan terlalu kontras.

"Karena kalau kontras nantinya akan terlihat aneh," ujarnya.

Soal luas halaman bagi rumah berpilar tidak ada ketentuan tertentu, tapi ada baiknya rumah berpilar memiliki halaman luas sehingga eksterior bangunan itu dapat terlihat. Sebaliknya jika terlalu mepet dengan jalan, maka kesan kemehawannya tidak terlihat.

Perlu digaris bawahi, menurut Ellen desain rumah bergaya klasik berpilar tidak menjadi tren karena memerlukan waktu yang tak sebentar untuk membangunnya. Ellen mengatakan para desainer kini lebih mendesain rumah dengan gaya modern berkesan minimalis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper