Hadapi Libur Panjang Akhir Pekan Ini, KAI Operasikan Kereta Fakultatif

PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan kereta api fakultatif atau kereta yang tetap berjalan meski libur untuk memenuhi permintaan masyarakat selama libur akhir pekan ini.
Newswire | 02 Mei 2016 21:06 WIB
Kereta Api Senja Utama - Ilustrasi/id.wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan kereta api fakultatif atau kereta yang tetap berjalan meski libur untuk memenuhi permintaan masyarakat selama libur akhir pekan ini.

"Menjelang libur long weekend kenaikan Yesus Kritus dan Isra Miraj Nabi Muhamad SAW dan disambung dengan libur Sabtu-Minggu, untuk KA reguler kami maksimalkan stan formasi yang ada, sementara untuk memenuhi permintaan kami juga mejalankan KA fakultatif," kata Manajer Senior Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Bambang S Prayitno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (2/5/2016).

Bambang merinci KA yang dioperasikan di antaranya KA 8F Argolawu relasi Gambir-Solo Balapan beroperasi pada tanggal 3,4,5,8 Mei dan KA 40F Argojati relasi Gambir-Cirebon beroperasi pada 5,6,7,8 Mei.

Selain itu, KA 36F Argo Parahyangan Relasi Gambir-Bandung beroperasi pada 4,5,6,7,8 Mei dan KA 32 Argoparahyangan relasi Gambir-Bandung beroperasi pada 3,4,5,6,7,8 Mei.

Dia mengatakan hingga Senin pukul 12.07 Senin WIB, tingkat okupansi penumpang KA keberangkatan dari Jakarta cukup variatif, tidak semuanya habis. Untuk keberangkatan Stasiun Gambir pernah rata-rata 100% pada 4 dan 5 Mei.

Bahkan, lanjut dia, untuk KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan, KA Argo Anggrek Malam relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi, KA Gajayana relasi Gambir-Malang, KA Bima relasi Gambir-Surabaya Gubeng-Malang, KA Taksaka Pagi, KA Taksaka Malam dengan relasi Gambir-Yogyakarta, mulai tanggal 3 sampai dengan 6 Mei sudah 100% tingkat okupansinya.

Namun demikian, untuk KA lainnya masih tersedia tiketnya pada keberangkatan tanggal 3,7,8,9 Mei seperti KA Argo Sindoro relasi Gambir-Semarang Tawang, sedangkan untuk tanggal 3,6,7,9 Mei KA Bangunkarta Gambir-Surabaya Gubeng, KA Purwojaya, Gambir-Cilacap.

Keberangkatan KA dari Pasar Senen pada 3 sampai dengan 8 Mei juga sudah 100% tingkat okupansinya, seperti KA Matarmaja relasi Pasar Senen-Malang, KA Gaya Baru Malam, KA Progo relasi Pasar Senen-Lempuyangan, KA Bengawan relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng.

Namun demikian, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan KA lainnya tiket masih cukup tesedia keberangkatan tanggal 3, 6,7, dan 8 Mei, seperti KA Menoreh relasi Pasar Senen-Semarang Tawang.

"Kami sarankan untuk kenyamanan pengguna jasa bisa melakukan reservasi PP, sebaran sisa 'seat running' bisa dilihat pada saat melakukan reservasi, artinya calon penumpang bisa menggunakan atau memilih KA yang lain yang melewati stasiun tujuan, contohnya mau ke Yogyakarta bisa menggunakan KA tujuan Surabaya," katanya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pt kai

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top