50 Pelaku UKM di Denpasar Ikuti Diklat

Lebih dari 50 pelaku usaha kecil dan mikro (UKM) mengikuti pelatihan yang diberikan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Perdagangan Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Koperasi Kota Denpasar
Natalia Indah Kartikaningrum | 02 Mei 2016 13:47 WIB
Ilustrasi. - Natalia Indah Kartikaningrum

Bisnis.com, DENPASAR- Lebih dari 50 pelaku usaha kecil dan mikro (UKM) mengikuti pelatihan yang diberikan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Perdagangan Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Koperasi Kota Denpasar.

Eddie Y. Latief, Kepala Bidang Diklat SDM Sektor Perdagangan Pusdiklat Kementerian Perdagangan, mengatakan materi yang diberikan dalam pendidikan dan pelatihan (Diklat) tersebut diantaranya seperti bagaimana cara mengemas barang, bagaimana menjaga higienitas, dan lain sebagainya.

“Target kami akan melakukan diklat disetiap kota dan provinsi sebanyak 500 lebih di seluruh Indonesia dan kami berusaha mencapai itu dengan eksekusi mungkin sekitar 5 tahun, karena target kami di setiap kota/kabupaten minimal harus ada 55 orang pelaku usaha baru yang akan menjadi lokomotif. Jadi kami mendidik 55 orang yang akan menjadi lokomotif atau instruktur agar dapat mentransfer ilmu kepada teman-teman UKM lainnya,” jelasnya usai membuka diklat di Denpasar, Senin (2/5/2016).

Dia menambahkan, mereka yang sudah dididik telah menjadi instruktur di kelompoknya sendiri sehingga mereka dapat memperkuat ketahanan ekonomi di Indonesia.

“Dari 500 lebih kota/kabupaten, baru sekitar 38% yang kami berikan pelatihan ini. Sebelum kami melakukan diklat, kami cek dulu apa kebutuhannya disini, berapa jumlah UKM, baru kemudian kami melakukan diklat. Setelah itu kami melakukan evaluasi dan bersinergi juga bersama mereka agar selalu melaporkan kepada kami bagaimana perkembangannya,” paparnya.

Untuk di Bali sendiri baru di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung yang sudah mendapatkan diklat tersebut. Pihaknya mengharapkan dapat segera memberikan diklat juga pada daerah lain di Bali.

Made Erwin Suryadarma Sena, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Denpasar, menuturkan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada para UKM bagaimana menjadi wirausaha, serta bagaimana mengembangkan usaha.

“Selain itu kami juga memberikan pelatihan bagaimana manajemen yang baik, terutama dalam manajemen keuangan karena masih banyak UKM yang belum memisahkan uang pribadi mereka dengan uang perusahaan sehingga tidak mengetahui berapa untung yang telah diperoleh,” terangnya.

 

Tag : ukm
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top