Telkomsel Kian Aktif Penetrasi Infrastruktur ke Indonesia Timur

Sejak meluncurkan layanan 4G, PT Telkomsel secara aktif menggencarkan penetrasi serta penguatan infrastruktur di wilayah timur Indonesia.
Amri Nur Rahmat | 02 Mei 2016 02:03 WIB
Telkomsel - Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - Sejak meluncurkan layanan 4G, PT Telkomsel secara aktif menggencarkan penetrasi serta penguatan infrastruktur di wilayah timur Indonesia.

General Manager ICT Telkomsel Regional Sulawesi, Noviandri menjelaskan pihaknya terus meningkatkan infrastruktur jaringan broadband agar pelanggan lebih optimal menggunakan layanan 4G LTE.

"Jumlah BTS yang mendukung koneksi 4G atau eNode B sekira 200 titik di Makassar. Sehingga total BTS yang mendukung layanan broadband sekira 750 BTS," ungkapnya di sela program Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) di Makassar, Minggu (1/5/2016).

Penguatan infrastruktur itu diharapkan mampu menjaga kualitas jaringan perseroan terkhusus pada program True Broadband Experience (TrueBEx). Hal tersebut merupakan pula implementasi teknologi DC-HSDPA, HSPA+ dan LTE, sehingga throughput kecepatan dapat mencapai 42 Mbps untuk 3G dan 112 Mbps untuk 4G.

General Manager Marketing and Sales Management Telkomsel Area Pamasuka Ricky E Panggabean menambahkan penguatan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan pelanggan.

"Saat ini di Sulsel ada sekira 4,5 juta pelanggan. Dengan adanya layanan broadband kita harap bisa dimanfaatkan dengan baik. Pengguna ponsel 4G baru sekira 40% yang menggunakan kartu 4G. Ini yang akan kita genjot dan targetkan bisa 100% dalam waktu dekat," ujarnya.

Untuk menguji layanan kehandalan jaringan broadband lewat program Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa). Selama sebulan penuh hingga 14 Mei nanti, Telkomsel menjelajahi Nusantara dengan dua drone yang melintasi 50 kota, termasuk Makassar.

Dalam ekspedisi ini, kedua drone diterbangkan secara bersamaan menempuh jalur Barat (Elang Barat) dan jalur Timur (Elang Timur) dan akan bertemu nanti di Bali.‎

Vice President Business Support Area Pamasuka, Ari Besar Pribumi mengatakan Makassar menjadi salah satu titik pemberhentian Elang Nusa yang menjelajahi jalur Timur Indonesia. "Makassar menjadi 6 kota broadband penting. Peluang layanan juga bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang ekonomi kreatif dan pariwisata. Termasuk mendukung program Smart City," paparnya.

Wali Kota Makassar, Ramdhan "Danny" Pomanto mengusulkan agar tahun depan program ini bisa dipusatkan di Makassar. "Titik temunya di sini atau drone yang akan menjelajah nusantara diterbangkan dari Makassar. Apalagi secara geografis, posisi Makassar memang berada di tengah."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telkomsel

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top