Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendamping UMKM Akan Disertifikasi

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UMKM) akan melakukan sertifikasi terhadap para pendamping di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UMKM) akan melakukan sertifikasi terhadap para pendamping di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). Keberadaan pendamping yang  tersertifikasi penting untuk memberikan konsultasi dan membantu meningkatkan kinerja UMKM.

Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM, Yuana Sutyowati mengatakan, UMKM mesti terus didampingi agar lebih kuat menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Pendampingan yang diberikan antara lain bimbingan, konsultasi, hingga advokasi. Pendampingan oleh lembaga pendamping atau perorangan.

"Saat ini ada 7.368 pendamping yang terdaftar dan tersebar di berbagai daerah. Hanya saja, selama ini kan mereka belum ada yang memiliki sertifikat makanya kami mulai sertifikasi tahun ini," kata Yuana dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Kamis (17/3).

Disebutkan, parapendamping melakukan pendampingan sesuai dengan program masing-masing kedeputian. Khusus pendampingan PLUT KUMKM, lanjut Yuana, sebanyak 293
orang ditempatkan di 49 PLUT KUMKM.

Pihaknya juga akan melakukan seleksi kembali para pendamping pada Juni mendatang, termasuk juga pendamping lama wajib mendaftar ulang.

Saat ini terdapat 42 PLUT dan direncanakan tahun ini kami menambah tujuh PLUT lagi pada Mei mendatang. Hingga tahun 2019, pemerintah pun menargetkan terdapat 265 PLUT untuk meningkatkan layanan bagi pengembangan usaha KUMKM di berbagai daerah, tuturnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Marsya Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper