Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FESTIVAL DANAU TOBA: Pengembangan Bandara Silangit Dikebut

Pengembangan Bandara Silangit yang berada di Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatara Utara ditargetkan dapat tuntas sebelum sebelum penyelenggaraan Festival Danau Toba 2016 pada 19-22 November 2016
Ilustrasi /Antara
Ilustrasi /Antara

Bisnis.com, JAKARTA– Pengembangan Bandara Silangit yang berada di Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatara Utara ditargetkan dapat tuntas sebelum penyelenggaraan Festival Danau Toba 2016 pada 19-22 November 2016.

Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pengembangan bandara Silangit akan dimulai pada April mendatang.

“Kami targetkan pengembangan bandara Silangit ini selesai pada bulan September 2016,” kata dia seperti disampaikan Kemenpar dalam keterangan tertulis, Selasa (1/3/2016).

Hal disampaikannya kepada Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Plt. Gubernur Sumatera Utara ‎Tengku Erry Nuradi di Bandara Silangit, Kec Siborong-Borong, Sumatera Utara Selasa (1/3/2016).

Dalam paparannya, Budi Karya juga menjelaskan landasan akan diperluas dari 2400 meter x 30 meter menjadi 2650 meter x 45 meter dan apron memiliki dimensi 140 x 300 m2 dengan jumlah parking stand 4 Aircraft.

“Nanti dapat didarati pesawat terbesar Boeing 737-800, sehingga wisatawan dapat langsung menuju kawasan Danau Toba,” katanya.

Pengembangan Bandara Silangit ini sesuai dengan arahan Jokowi dalam rapat terbatas 2 Februari 2016 lalu. Jokowi meminta agar konektivitas dan aksesibilitas menuju Kawasan Danau Toba diperkuat.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menambahkan, Bandara Silangit adalah bandara terdekat dari kawasan Danau Toba. Jika bandara itu sudah aktif dengan pesawat reguler maka akses menuju Danau Toba dari Jakarta akan semakin lancar.

“Selama ini akses jadi kendala sebab jalan darat dari Kualanamu sampai Toba bisa 4-5 jam sehingga orang bisa bete di jalan. Adanya perpanjangan runway Silangit ini akan sangat membantu akses menuju Toba,” ujar Arief.

Adapun Festival Danau Toba 2016 yang menampilkan atraksi budaya, kesenian dan berbagai event menarik akan digelar di Berastagi, Kabupaten Karo. Setiap tahun, lokasi puncak acaranya berbeda-beda agar ada pemerataan di antara tujuh kabupaten yang mengelilingi danau tersebut.

Namun, selama penyelenggaraan acara, tiap kabupaten juga akan melangsungkan event sendiri-sendiri. “Silakan bersiap-siap, berwisata budaya untuk meramaikan Festival Danau Toba,” sebut Menpar Arief Yahya di Hotel Niagara, Parapat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper