Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Minyak Tertekan, Pebisnis Siap Jaga Industri Hulu Migas

Indonesian Petroleum Association menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan pemerintah guna menjaga industri minyak dan gas bumi di tengah tertekannya harga minyak.
Eksplorasi migas/Ilustrasi
Eksplorasi migas/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesian Petroleum Association menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan pemerintah guna menjaga industri minyak dan gas bumi di tengah tertekannya harga minyak.

President IPA, Christina Verchere mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan pemerintah untuk merumuskan dan mengimplementasikan perubahan yang diperlukan. Adapun, hingga saat ini pemerintah belum mengeluarkan opsi resmi yang membantu industri hulu percaya diri melewati merosotnya harga minyak.

Pasalnya, selain dihadapkan dengan kenyataan bisnis yang kurang menguntungkan, rendahnya harga juga akan mendorong semakin tipisnya ketahanan energi nasional.

“Kami juga berharap untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam merumuskan inisiatif lain agar industri migas bisa tetap mempertahankan kontribusinya dalam ketahanan energi di tengah situasi yang kurang menguntungkan,” ujarnya dalam keterangan pers, Selasa (1/3/2016).

Tren penurunan harga minyak mentah secara drastis sejak pertengahan 2014 hingga menyentuh level US$ 32 per barel pada awal Februari 2016 telah menjadi tantangan berat bagi industri minyak dan gas bumi (migas).

Chairperson IPA CONVEX 2016 Marudut Manullang mengatakan dialog dengan para pemangku kepentingan sangat penting untuk menghadapi tantangan dan masa depan industri migas.

Hal itulah yang akan menjadi fokus utama dalam acara The 40th Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition (IPA CONVEX) 2016” yang akan diselenggarakan pada 25-27 Mei 2016 di Jakarta Convention Center, Jakarta. IPA CONVEX akan mengangkat tema “Shifting Paradigms in Indonesia. Supplying Energy in the New Reality.”

"Kami menyadari pentingnya dialog di antara seluruh pemangku kepentingan untuk menemukan kesamaan pandangan. Terutama dalam menghadapi tantangan-tantangan masa depan industri minyak dan gas di Tanah Air yang semakin berat, sekaligus menemukan solusinya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper