Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tersiar Kabar PHK 1.500 Karyawan, Ini Jawaban Chevron

Chevron menampik kabar yang beredar terkait rencana perusahaan tersebut melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam rangka efisiensi di tengah depresiasi tajam harga minyak dunia.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Chevron menampik kabar yang beredar terkait rencana perusahaan tersebut melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam rangka efisiensi di tengah depresiasi tajam harga minyak dunia.

Senior Vice President Strategic Business Support Chevron Pacific Indonesia Yanto Sianipar memastikan pihaknya takkan merumahkan pekerjanya.

“Tidak betul Chevron merumahkan pegawainya. Chevron menjalankan sebuah inisiatif guna mengidentifikasi peluang-peluang peningkatan kinerja bisinis,” tuturnya pada Bisnis.com, Selasa (19/1).

Sebelumnya, perusahaan tersebut dikabarkan berencana melakukan PHK terhadap 1.500 karyawannya. Hal itu ditengarai oleh anjloknya harga minyak dunia yang begitu dalam, dari kisaran di atas US$100/barel menjadi di bawah US$30/barel.

Menurutnya, alih-alih merumahkan karyawan, perseroan menerapkan model bisnis dan operasional yang diklaim lebih fleksibel dan kompetitif. Sementara itu, saat dimintai konfirmasi, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) pun mengatakan pihaknya belum menerima laporan rencana PHK dari perusahaan tersebut.

Direktur Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Kemenaker Sahat Sinurat mengatakan pihaknya bahkan belum mendengar rencana itu. “Kita belum dapat informasi. Sebenarnya [kalau akan melakukan PHK] harus melaporkan ke Disnaker,” katanya.

Sahat menuturkan, sebelum melakukan PHK, perusahaan harus merundingkannya dengan serikat pekerja. Jika perundingan tersebut tidak mencapai kata mufakat maka hal tersebut seharusnya dibawa ke instansi ketenagakerjaan setempat untuk dapat dimediasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper