Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aprindo Jamin Ayam di Ritel Moderen Aman Dikonsumsi

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menjamin pasokan daging ayam yang ada di ritel modern layak dikonsumsi masyarakat.
Ilustrasi ayam tiren/Berita  Jakarta
Ilustrasi ayam tiren/Berita Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menjamin pasokan daging ayam yang ada di ritel modern layak dikonsumsi masyarakat.

Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey menyebutkan bahwa daging ayam yang dijual di seluruh ritel modern dengan berbagai format sehat dan layak dikonsumsi. Anggota Aprindo hanya membeli kepada pemasok yang memiliki izin Nomor Kontrol Veteriner (NKV) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian dan Sertifikat Halal yang dikeluarkan oleh MUI. Kedua sertifikat ini harus dimiliki peritel maupun pemasoknya.

“Ada berbagai berita yang beredar bahwa perdagangan daging ayam di ritel itu tidak sehat. Ini suatu hal yang perlu kami klarifikasi,” kata Roy di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Dirinya mengatakan, pemasok yang tidak memiliki NKV dan sertifikat halal dipastikan tidak bisa menjadi pemasok ayam di ritel modern, karena dua sertifikasi tersebut telah menjadi persyaratan. Selain itu, Aprindo juga mendukung setiap program atau regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait kesehatan pangan.

Wakil Ketua Umum Aprindo Tutum Rahanta mengatakan peredaran informasi tersebut sangat berbahaya jika sampai kepada konsumen. Selama ini baik untuk retailer maupun pemasok memiliki tanggung jawab untuk menjamin bahwa produk yang dijual sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tidak hanya untuk unggas, tetapi juga untuk produk-produk lainnya.

“Ada SOP untuk menjamin kualitas dan segala persyaratan yang berlaku sesuai ketentuan. Unggas lokal yang masuk ke ritel modern itu hanya sebagian besar. Kita harus cermat melihat permasalahan ini.”

Wakil Sekjen Aprindo Wahyudi Hidayat mengatakan ritel modern patuh terhadap aturan yang berlaku mengenai NKV dan sertifikat halal, hal tersebut juga diteruskan kepada pemasok. Ritel modern bahkan sering melakukan kunjungan ke rumah potong unggas untuk memastikan bagaimana mekanisme penyembelihan, cara kerja, dan penyaluran daging hingga kerital.

“Yang pasti adalah ritel modern tidak mau kompromi dengan apa yang merugikan kita sendiri.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper