Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Ayam Tak Sehat, Peritel Modern: Tuduhan Itu Salah Alamat

Wakil Direktur Utama PT Supra Boga Lestari Tbk (induk jaringan retail Ranch Market dan Farmers Market) Meshvara Kanjaya mengatakan perusahaanya sebagai supermarket dengan segmentasi premium telah menerapkan standar yang tinggi untuk barang yang dijual di gerainya.
Ilustrasi Pemusnahan ayam tiren/Berita Jakarta
Ilustrasi Pemusnahan ayam tiren/Berita Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Direktur Utama PT Supra Boga Lestari Tbk (induk jaringan retail Ranch Market dan Farmers Market) Meshvara Kanjaya mengatakan perusahaanya sebagai supermarket dengan segmentasi premium telah menerapkan standar yang tinggi untuk barang yang dijual di gerainya.

Meshvara juga meyakini bahwa antara satu perusahaan ritel lainnya juga menerapkan standar yang tinggi, terutama untuk produk segar. Dengan pembelian daging dan makanan yang segar yang lebih banyak dibeli dari pasar basah, para peritel modern harus memacu diri dalam hal kualitas. Sehingga pemberitaan mengenai ayam yang tidak sehat tersebut tidak pas jika dialamatkan ke ritel modern.

Corporate Communication GM Transmart Carrefour Satria Hamid mengatakan peritel maupun pemasok ayam mempunyai tanggung jawab masing-masing untuk menjamin keamanan pangan yang mereka jual. Pihak Transmart menurutnya melakukan persyaratan yang sangat ketat untuk menjamin produk yang aman untuk dikonsumsi dan sesuai dengan aturan pemerintah.

“Kami mensyaratkan untuk unggas-unggas itu diperiksa di RPU masing-masing, ada uji lab di RPU tersebut, kami kontrol standardisasinya, beratnya, dan kontrol suhu di mesin pendingin. Sistem operasional yang kami terapkan di toko juga sangat ketat,” kata Satria di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Irwan Oswari, Business Director PT. Matahari Abadi Plastikama - salah satu pemasok ayam ke ritel modern membenarkan bahwa untuk menjadi pemasok ayam ke ritel modern harus memenuhi aturan ketat terkait NKV dan sertifikat halal.

Untuk mendapatkan kedua sertifikasi tersebut pun terbilang tidak mudah. Untuk pengurusan NKV, terdapat audit dari pemotongan hingga masuk ke pendingin. Kebersihan tempat pemotongan dan prosesnya pun dinilai dalam pengujian, termasuk untuk bahan-bahan yang digunakan.

“Begitu juga halalnya, prosesnya dari cara pemotongan, cara proses ayam itu waktu masih hidup, tidak boleh langsung dipotong, tetapi dipingsangkan agar tidak stress, dan baru dipotong secara islam. Sampai dianggap sesuai baru keluar sertifikatnya dari MUI,itu berlaku dua tahun, dan akan diaudit lagi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper