Pos Indonesia Incar Rp500 Miliar di Sulawesi dan Maluku

PT Pos Indonesia mengincar pendapatan secara kumulatif segmen bisnis perseroan di wilayah kerja Sulawesi dan Maluku sebesar Rp500 miliar pada tahun ini.
Amri Nur Rahmat | 10 Januari 2016 12:57 WIB

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pos Indonesia mengincar pendapatan secara kumulatif segmen bisnis perseroan di wilayah kerja Sulawesi dan Maluku sebesar Rp500 miliar pada tahun ini.

Kepala Pos Indonesia Regional X Sulawesi dan Maluku Rahmat Eka Haryanto mengemukakan pengiriman surat dan paket yang diprediksi bakal meningkat seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian di wilayah cakupan pelayanan menjadi katalis dalam mendongkrak pendapatan.

Dia menjelaskan, pengiriman paket dari segmen industri e-commerce yang terus menunjukkan grafik pertumbuhan signifikan setiap tahun ikut memberikan kontribusi besar terhadap kinerja perseroan terkhusus lini bisnis jasa kurir.

Secara terperinci, pendapatan Regional X yang mencakup Sulawesi dan Maluku pada tahun ini diestimasi bersumber dari lini bisnis jasa kurir surat dan pos sebesar Rp250 miliar dan sisanya dari lini usaha jasa keuangan, ritel dan properti yang dikelola perseroan.

"Tahun ini kita juga akan mencoba memperbesar segmen industri dan UKM juga, sehingga nantinya pendapatan paket pos [jasa kurir] akan besar di dua segmen tersebut," katanya kepada Bisnis, Minggu (10/1/2016).

Adapun target yang dipatok Pos Indonesia Regional X pada 2016 itu meningkat hingga 92% dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai Rp260 miliar, di mana komposisi pendapatan didominasi jasa pengiriman surat dan paket.

Menurut Rahmat, pihaknya juga menargetkan bisa merekrut sekitar 500 agen pos untuk memperluas jangkauan pelayanan bisnis perseroan di Sulawesi dan Maluku.

Selain mampu menjangkau hingga ke pelosok terpencil, agen pos dipersiapkan pula menjadi peluang usaha skala UMKM dengan skema kemiitraan dengan perseroan untuk seluruh bisnis yang dikelola.

Sejauh ini, perseroan baru mencatat sekitar 150 agen pos yang sebagian besar hanya terkonsentrasi pada kota-kota utama di Sulawesi dan Maluku di antaranya Makassar, Palu, Kendari, Manado, dan Ambon.

Khusus regional X, Pos Indonesia memiliki 16 kantor utama dengan 350 kantor cabang yang tersebar di delapan provinsi.

Jumlah tersebut diakuinya masih belum bisa memenuhi meningkatnya permintaan logistik di kawasan ini sehingga pola kemitraan itu diharapkan mampu mengerek naik penghasilan Pos Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pt pos indonesia

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top