Berikut 4 Inovasi Teknologi Terbaru dari Intel

Gelaran tahunan Consumer Electronic Show 2016 kembali digelar di Los Angeles
Agnes Savithri | 10 Januari 2016 23:02 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Gelaran tahunan Consumer Electronic Show (CES) 2016 kembali digelar di Las Vegas, Amerika Serikat. Ajang yang menjadi panggung perusahaan teknologi untuk memamerkan produk terbarunya tak terkecuali Intel Corporation.

Perusahaan ini memperkenalkan teknologi terbarunya yang dapat diimplementasikan untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari digitalisasi untuk olahraga, upaya peningkatkan kesehatan dan kebugaran, melepaskan kreativitas melalui musik, seni, robotika dan temuan-temuan lainnya.

Intel CEO Brian Krzanich mengumumkan serangkaian kolaborasi menarik dengan merek industri yang akan menggunakan teknologi dan data analisis untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat secara keseluruhan, baik untuk kesehatan, kebugaran dan kinerja atletis.

Perusahaan ini mengumumkan rencana kerjasama dengan ESPN  dan Red Bull Media House untuk merancang solusi dengan Intel yang memberdayakan atlet serta kerjasama dengan New Balance dan Oakley untuk personalisasi dan memajukan peralatan yang digunakan manusia untuk menjadi lebih aktif.

Di samping itu, Krzanich mengumumkan kerjasama jangka panjang dengan The Recording Academy sebagai bagian dari "Next Generation of GRAMMY Moments" untuk membawa inovasi teknologi, sehingga orang dapat melihat, terlibat dan takjub dengan evolusi teknologi dalam dunia musik. Artis pertama yang berkolaborasi dengan Intel untuk menciptakan sebuah pengalaman musik yang unik, adalah ikon music Lady Gaga, yang telah menjadi pemenang GRAMMY keenam kalinya.

Kolaborasi ini menegaskan tiga tren yang Krzanich sampaikan yaitu membentuk masa depan: dunia pintar dan terkoneksi, teknologi dengan indra seperti manusia, dan komputasi menjadi sangat pribadi.

"Terdapat peran yang berkembang pesat pada teknologi yang bersifat transformatif, belum pernah terjadi sebelumnya dan dapat diakses," kata Krzanich.

Krzanich juga menekankan bahwa pihaknya akan tetap fokus dalam mengatasi tantangan sosial terbesar yang dihadapi dalam industri teknologi dan membayangkan rencana untuk sebuah upaya baru yang tegas anti-pelecehan online dengan Vox Media, Re/code dan  Lady Gaga's Born This Way Foundation untuk mempromosikan keragaman dan keterbukaan.

Berikut adalah empat rincian lebih lanjut dari pengumuman Intel di CES 2016:

1. Digitalisasi Pengalaman Berolahraga:

Intel mengumumkan kolaborasi dengan ESPN untuk menampilkan serangkaian teknologi terbaru untuk menambah tingkat baru pada wawasan bersumber data yang dengan prestasi atletis pada X Games Aspen 2016.

Modul Intel Curie, yang kecil dan bertenaga rendah akan diintegrasikan ke dalam kompetisi Men's Snowboard Slopestyle dan Men's Snowboard Big Air untuk menyediakan data real-time pada kinerja atlet seperti saat air rotations, jump height, jump distance, speed, dan force on landing.

Akses untuk data baru ini akan menyediakan atlet dengan wawasan yang lebih luas ke dalam latihan mereka, memberikan metrik tambahan untuk analis on-air analis, dan mengubah pengalaman penonton baik di rumah maupun di arena. Kompetisi ini akan disiarkan oleh ESPN dan ABC.

Selain ESPN, perusahaan ini menggandeng Red Bull Media House mengumumkan kemitraan global. Red Bull Media House CTO Andreas Gall ikut bergabung dengan Krzanich di atas panggung untuk menunjukkan bagaimana atlet dan penonton bisa mendapatkan informasi secara cepat tentang kinerja atlet dengan bantuan teknologi Intel Curie.

Kerjasama ketiga dalam bidang digitalisasi olahraga, yakni Intel bekerjasama dengan Replay Technologies untuk menghadirkan pengalaman menonton yang benar-benar baru untuk para penggemar siaran olahraga, baik di stadion, dan di rumah. Menggunakan teknologi Replay FreeD  yang dioptimalkan dengan platform Intel, penggemar olahraga akan dapat menonton kembali saat momen penting dari acara olahraga, dapat terlihat di hampir setiap sudut dan dapat berbagi klip video yang dibuat khusus kepada dunia. FreeD memanfaatkan prosesor Intel Core Generasi ke-6.   

2. Mengubah Pandangan tentang Kesehatan dan Kebugaran.

Intel dan New Balance mengumumkan kerjasama untuk mengembangkan teknologi wearable yang menghubungkan atlet dengan teknologi untuk memperbaiki kinerja atletis mereka sebagai bagian dari divisi Digital Sport dari New Balance yang baru dibentuk. Krzanich dan CEO New Balance Rob Demartini sempat mengenakan sepatu lari yang memakai midsole dengan cetak 3D memanfaatkan teknologi Intel RealSense dan menjelaskan rencana untuk mengembangkan jam tangan sport pintar yang akan tersedia pada musim liburan 2016 .

Kerjasama berikutnya dalam kesehatan yakni bersama Oakley perusahaan ini menunjukkan untuk pertama kalinya "Radar Pace" - kacamata pintar yang menghadirkan teknologi voice-activated, sistem pelatihan secara real-time.

Oakley adalah merek Luxottica Grup pertama yang bekerja sama dengan Intel untuk menggabungkan tingkat premium, kacamata olahraga dengan teknologi pintar. Direkayasa dengan Intel Innovation, kacamata pintar didesain untuk para pelari, pengendara sepeda dan pecinta olahraga untuk mendapatkan umpan balik dan analisis secara langsung, membantu untuk melacak kemajuan peningkatan kinerja sceara real-time.

3. Bidang Kreativitas dan Seni

Pemenang enam kali GRAMMY awards dan ikon musik dunia Lady Gaga mengumumkan kolaborasi pertamanya dengan Intel, berkaitan dengan pengumuman Intel atas kerjasama jangka panjang antara Intel dan The Recording Academy sebagai bagian resmi dari "Next Generation of GRAMMY Program" yang akan diluncurkan selama berlangsungnya acara Grammy di bulan Februari 2016.

Kerjasama ini akan memuncak dalam sebuah kolaborasi terobosan yang menginspirasi mengingatkan dunia akan sebuah cikal bakal inovasi. Meskipun Lady Gaga tidak akan menampilkan sesuatu yang baru dalam programnya, namun dia menjanjikan untuk menghadirkan pengalaman yang tak akan bisa dilupakan.

Selain itu, MGM Television Group and Digital President Mark Burnett menemani Krzanich ke atas panggung untuk menjelaskan sekilas kepada para inovator yang berlomba-lomba untuk mengubah ide mereka menjadi kenyataan - mulai dari peningkatan pemantauan kesehatan untuk berkomunikasi dengan cara-cara baru untuk menguji batas-batas imajinasi kita - dalam seri kompetisi baru , America's Greatest Makers.

Mereka juga meluncurkan Hub Digital di www.americasgreatestmakers.com, yang menyoroti para penemu, inovasi baru, dan tutorial teknologi, dan sekaligus konten  digital mingguan yang unik.

4. Robotic

Intel memadukan indera seperti manusia ke dalam teknologi terus meraih momentum: Dalam pesawat udara tak berawak (unmanned aerial vehicles - UAVs) CEO Brian Krzanich menunjukkan Yuneec Topan H  dengan teknologi Intel RealSense, yang memungkinkan kemampuan mencegah tabrakan, yang akan segera tersedia pada semester pertama 2016.

Dalam hal robotika, Krzanich memamerkan Segway, transporter pribadi dari Ninebot yang dapat berubah menjadi robot. Platform terbuka menggunakan teknologi baru kamera Intel RealSense ZR300 untuk menavigasi lingkungan yang kompleks dan berinteraksi secara cerdas dengan pengguna dan sensor di rumah serta didukung oleh prosesor Intel Atom. Segway berencana untuk membuat robot yang tersedia secara komersial dan akan memperkenalkan kit pengembang di semester kedua tahun ini.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
teknologi

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top