Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Soreang-Pasir Koja Diminta Dikerjakan Dua Arah

Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta kontraktor tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) segera melakukan proses pengerjaan konstruksi agar pembangunan sesuai jadwal.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta kontraktor tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) segera melakukan proses pengerjaan konstruksi agar pembangunan sesuai jadwal.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan proses pembangunan Tol Soroja memang tidak semudah dan semulus yang diperkirakan. Di lapangan misalnya, cuaca hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung Raya membuat proses pembangunan sempat tertahan. “Sekarang cuaca relatif sudah lebih baik,” katanya usai rapat percepatan Tol Soroja di Bandung, Selasa (29/12).

Selesai urusan cuaca, pihaknya kini meminta agar kontraktor pelaksana segera melakukan proses pekerjaan konstruksi di arah Soreang dan Pasirkoja. “Sehingga nanti selesai bertemu [fisik] di tengah. Jadi kami meminta agar kontraktor segera menyelesaikan proses konstruksi,” ujarnya.
Iwa juga meminta dukungan dari semua pihak agar proyek ini terus berjalan.

Menurutnya terkait tanah, ada wakaf dan kas desa yang sudah selesai dan mendapat rekomendasi dari Gubernur. Selanjutnya tinggal pihak Satuan Kerja dari Kementerian PU Pera yang menyelesaikan penggantian tanah. “Lahan tinggal 2 warga lagi, itupun kalau tidak selesai maka kita akan mengambil langkah lanjutan sesuai perundang-undangan,” katanya.

Menurutnya berdasarkan peraturan, maka pemerintah berhak mengajukan skema konsinyasi ke pengadilan terkait ganti rugi lahan. Namun Iwa memastikan bahwa langkah itu diambil tetap mengikuti proses yang berlaku. “Sambil berjalan pembangunan akan jalan terus,” ujarnya.

Dengan langkah yang tepat, Iwa menyakini proyek Soroja akan selesai sesuai jadwal. Pihaknya menjanjikan di awal 2016 pembebasan lahan yang tersisa akan makin diakselerasi seiring pembangunan konstruksi jalan tolnya.

Di tempat yang sama, Direktur Investasi dan Pengembangan PT Jasa Sarana Diah SH Wahjusari menambahkan pihaknya yakin proyek tersebut masih sesuai jadwal meski sempat terganggu cuaca.

Dari target yang diberikan Pemprov Jabar, tol ini harus selesai di Agustus 2016 untuk dipakai sebagai jalur pada acara Pembukaan PON XIX/2016. “Tidak ada jadwal yang berubah, inshaalloh sesuai target,” ujarnya.

Menurutnya kendala hujan disiasati dengan perubahan pola dan waktu kerja. Jika sedang hujan, maka pengerjaan berhenti dan diteruskan setelah reda. Selain itu karena akses jalan ini tidak dibangun dari tanah melainkan beton maka efek dari hujan tidak begitu signifikan.“Jadi tidak ada kendala saat musim hujan, kendala sedikit tapi bisa teratasi,” katanya.

Diah memastikan proses pematangan lahan sudah selesai, dan saat ini sudah mulai melakukan pekerjaan fisik dengan melakukan penimbunan dan pemadatan. Menurutnya pada Mei 2016 seluruh pekerjaan di bawah tol akan tuntas dan langsung dilapis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper