Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo I Siap Layani Angkutan Natal dan Tahun Baru

PT Pelabuhan Indonesia I siap melayani Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 dengan mengadakan pemantauan di delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan yang berada dibawah pengelolaan Pelindo I.
Ilustrasi/jict.co.id
Ilustrasi/jict.co.id

Busnis.com, JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia I siap melayani Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 dengan mengadakan pemantauan di delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan yang berada dibawah pengelolaan Pelindo I.

ACS Humas Pelindo I Eriansyah mengatakan pelabuhan-pelabuhan tersebut diantaranya yaitu pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Bengkalis, Selat Panjang, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan dan Sei Kolak Kijang di Bintan Kepulauan Riau. “Kunjungan kapal penumpang akan mendapatkan prioritas sandar di terminal penumpang dan di luar terminal penumpang, jika ada kunjungan kapal secara bersamaan,” jelasnya dalam siaran pers, Rabu (23/12).

Eriansyah menambahkan pihaknya juga telah mempersiapkan fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang yang mencakup fasilitas Embarkasi dan Debarkasi serta fasilitas Bongkar Muat; operasional serta keamanan dengan tim monitoring bersama pihak terkait. “Fasilitas Embarkasi dan Debarkasi yang kami siapkan meliputi dermaga khusus untuk kapal penumpang, gedung terminal penumpang dan ruang pengantar penjemput maupun ruang informasi, lapangan parkir kendaraan pengantar dan penjemput, serta rambu-rambu arah embarkasi/debarkasi penumpang,” ujarnya.

Dia mengungkapkan untuk mengantisipasi lonjakan arus barang sembako di pelabuhan, juga telah dipersiapkan fasilitas pelabuhan antara lain kesiapan dermaga, sispro (Sistem dan Prosedur) pelayanan kapal sembako, gudang dan lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan dan kesiapan informasi dan teknologi (IT). Fasilitas umum tambahan juga akan disiapkan seperti tenda, toilet, dan media informasi kepada penumpang, pengantar/penjemput seperti sound system, spanduk, banner dan leaflet informasi.

“Selain membenahi terminal penumpang kami juga menambah fasilitas Automatic Gate di Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Setiap penumpang kapal yang akan naik ke atas kapal, harus melalui Automotic Gate dan tiket kapal juga di scan di Automotic Gate tersebut, sehingga para penumpang kapal tidak bisa mempergunakan tiketnya kepada penumpang yang lain untuk naik ke atas kapal,” ucap Eriansyah.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan memasang fasilitas Garbarata di Pelabuhan Belawan, Garbarata ini akan mempermudah penumpang KM Kelud yang akan naik maupun turun dari kapal sehingga para penumpang tidak perlu melintasi dermaga pelabuhan lagi. Untuk monitoring Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 turut dibentuk posko monitoring dan tim pemantau kesiapan pelayanan di setiap cabang pelabuhan, yang merupakan posko bersama dan beranggotakan Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan, Pelindo 1, Polri, TNI AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi dan Kesehatan Pelabuhan yang telah berlangsung sejak 10 Desember 2015 hingga 10 Januari 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper