Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Natal & Tahun Baru, Ekspor Tuna Sulut ke AS Meningkat

Bisnis.com, MANADO - Pengekspor di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali mengekspor ikan tuna segar ke Amerika Serikat (AS) menyusul permintaan dari negara tersebut meningkat jelang Natal dan Tahun Baru.

"Biasanya peningkatan permintaan ikan tuna segar dari Amerika cukup tinggi jelang Natal dan Tahun Baru,' kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw, Jumat (18/12/2015).

Dia mengatakan di awal bulan desember telah diekspor ikan tuna segar ke Amerika sebanyak 17,4 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar US$170.003.

Sumbangan devisa yang cukup besar tersebut, katanya, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani dan pengekspor Sulut.

Menurut dia, permintaan ikan tuna segar dari Amerika lumayan tinggi, yang ditandai dengan terus meningkatkan ekspor ikan dari daerah ini keluar, setiap bulan.

Ia mengatakan, hal tersebut harus menjadi perhatian para pengusaha ikan serta nelayan, jika mau meningkatkan pendapatannya harus bisa memaksimalkan hasil tangkapan, walaupun itu bukan hal yang mudah, karena nelayan masih sering terkendala cuaca.

"Dengan tingginya permintaan ekspor, maka nelayan di daerah ini, harus bisa berpacu meningkatkan hasil tangkapannya, supaya bisa meningkatkan kesejahteraan mereka nantinya," katanya.

Pemerintah, katanya, akan terus memfasilitasi para pengekspor di Sulut agar mendapatkan pasar baru dan diberikan bimbingan serta pelatihan agar mampu meningkatkan produksi yang berkualitas.

"Karena pasar luar negeri apalagi Amerika sangat mengutamakan kualitas produk," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper