Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinar Mas Raih Penghargaan Industri Hijau

5 unit produksi pilar usaha Sinar Mas di bidang pulp dan kertas, Asia Pulp & Paper (APP), PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk - Tangerang, PT Pindo Deli Pulp & Paper - Karawang, PT Pindo Deli Pulp & Paper - Perawang, PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry - Jambi, dan PT Eka Mas Fortuna - Malang meraih penghargaan industri hijau tahun 2015 di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta.
sinarmas group
sinarmas group

Bisnis.com, JAKARTA – 5 unit produksi pilar usaha Sinar Mas di bidang pulp dan kertas, Asia Pulp & Paper (APP), PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk - Tangerang, PT Pindo Deli Pulp & Paper - Karawang, PT Pindo Deli Pulp & Paper - Perawang, PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry - Jambi, dan PT Eka Mas Fortuna - Malang meraih penghargaan industri hijau tahun 2015 di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Penghargaan yang diberikan Kementerian Perindustrian dan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ini menegaskan bahwa perusahaan telah menerapkan upaya efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya secara berkelanjutan.

Penerapan konsep ini diharapkan terjadi efiensi pemakaian bahan baku, energi dan air, sehingga limbah maupun emisi yang dihasilkan menjadi minimal.

“Kebanggaan dan kehormatan bagi APP menerima Penghargaan Industri Hijau. Ini menjadi sebuah prestasi dan pengakuan atas komitmen perusahaan yang selama ini selalu menjalankan bisnisnya dengan memperhatikan prinsip pengelolaan lingkungan yang lestari,” ujar Suhendra Wiriadinata Direktur APP.

Secara umum, kriteria penilaian didasarkan pada tiga hal utama, yakni proses produksi yang meliputi efisiensi produksi, penggunaan material input, energi, air, teknologi proses, sumber daya manusia dan lingkungan kerja di ruang proses produksi. Kemudian, kinerja pengelolaan limbah meliputi penurunan emisi CO2 (untuk industri besar), pemenuhan bahan baku mutu lingkungan (industri sedang), serta manajemen perusahaan.

Industri hijau adalah industri berwawasan lingkungan yang menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup melalui efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan.

Penganugerahan Penghargaan Industri Hijau dilaksanakan setelah melalui berbagai tahap seleksi dan verifikasi oleh Kementerian Perindustrian berdasarkan sistem yang dievaluasi secara berkala termasuk kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan.

“Kami percaya dengan terus mempromosikan dan mengimplementasikan pentingnya praktik industri yang berkelanjutan, selain dapat menjamin kelangsungan hidup masyarakat dan menyelamatkan lingkungan, Indonesia dapat berkompetisi di pasar global,” tutur Suhendra.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Haris Munandar mengatakan, pernghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang telah menerapkan konsep efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya yang berkelanjutan.

Salah satu company grup yang mendapatkan penghargaan ini yaitu Asia Pulp & Paper Sinar Mas. Sebanyak 5 perusahaan dari grup tersebut diganjar dengan penghargaan industri hijau. Bahkan 3 perusahaan diantaranya mendapat level 5.

Menurutnya, level 5 ini merupakan tingkatan paling tinggi dalam penilai sehingga suatu perusahaan mendapatkan penghargaan industri hijau.

“Level 5 ini yang tertinggi. Kalau dia nilainya antara 90,1-100 dapat level 5. Kemudian dibawahnya, nilai 80,1-90,1 itu level 4. Yang dapat penghargaan ini yaitu level 4 dan level 5,” ujarnya di Jakarta.

Menurut Haris, untuk bisa mencapai level 4 dan level 5 ini pun tidak mudah karena ada syarat-syarat penilaian yang ketat bukan hanya dari Kemenperin, tetapi juga dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BPPT, asosiasi hingga surveyor.

“Waktu kita memberikan penilaian kriterianya berat, ada yang bertahun-tahun tidak bisa naik kelas, levelnya di 4 saja. Nanti juga di filter di dewan pertimbangan yang terdiri dari beberapa unsur, ada pemerintah seperti kemneperin, bppt, LHK, kemudian ada juga praktisi, universitas, asosiasi, surveyor. Jadi peneriman penghargaan ituu itu sudah teruji,” kata dia.

APP Sinar Mas, lanjut Haris, juga menjadi salah satu perusahaan yang menjadi langganan peneriman penghargaan ini. Namun bukan tidak mungkin penghargaan ini bisa juga didapatkan oleh perusahaan lain asal mampu memenuhi kriteria penilaian yang ditetapkan.

“Dia sudah langganan karena ini kan sifatnya partisipatif, secara sukarela mendaftarkan perusahaannya. Ini dampaknya, kalau dia dapat penghargaan berarti citra dia sudah bagus, dan dapat memenuhi kriteria industri hijau, sudah efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya yang berkelanjutan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper